12 Cara Agar Cepat Hamil

Menikah, hamil, dan punya anak. Merupakan bagian dari kehidupan manusia saat sudah dewasa. Tapi, takdir manusia memang selalu berbeda.

Ada pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun tapi tak kunjung diberi momongan. Namun, ada pula yang cepat diberi keturunan.

Memang, sebagian besar proses kehamilan terjadi pada wanita. Tapi tentu saja, ada keterlibatan pasangannya untuk bisa terjadi kehamilan. Jangan lupa bahwa hamil adalah proses yang dilakukan berdua sebagai pasangan.

Ilustrasi cara agar cepat hamil

Jadi ketika ada istri yang tak kunjung hamil, belum tentu masalahnya ada pada dirinya. Bisa juga dari pasangannya.

Bagi Anda yang kebetulan belum diberi momongan, berikut 12 cara agar cepat hamil yang bisa langsung dipraktikkan. Lakukan dengan konsisten agar Anda mendapat hasil yang maksimal.

1. Pahami siklus menstruasi Anda

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh seorang wanita yang ingin segera hamil adalah memahami siklus menstruasinya. Kapan hari pertama dan hari terakhir haid. Wanita yang berada dalam kondisi sehat pasti akan mengalami masa menstruasi yang sama setiap bulannya.

Memang siklus ini tidak mutlak sama setiap bulannya. Bulan ini bisa lebih lama, tapi bulan berikutnya bisa lebih singkat. Hal ini terkait kadar hormon yang ada di dalam tubuh ketika mendekati masa menstruasi.

Kenapa harus mengetahui siklus menstruasi? Dengan mengetahui pada tanggal berapa mulai haid dan kapan berakhir, Anda akan bisa menghitung waktu yang pas ketika ovarium melepas telurnya setiap bulan.

Telur di dalam rahim hanya akan bertahan selama 12 sampai 24 jam setelah dilepas ovarium. Inilah saat yang tepat untuk dibuahi sperma, yang mampu bertahan hidup di dalam tubuh wanita hingga 6 hari.

2. Ketahui masa subur Anda

Ilustrasi periode masa subur

Memahami siklus menstruasi merupakan cara untuk mengetahui masa subur seorang wanita. Biasanya masa subur seorang wanita terjadi antara 12 sampai 16 hari sebelum masa haidnya mulai. Namun, perhitungan ini hanya bisa berlaku bagi wanita yang jadwal menstruasinya selalu rutin setiap bulan.

Bagi mereka yang jadwal menstruasinya sering berubah, agak sulit untuk menghitung kapan masa suburnya itu datang. Meski demikian, kini sudah banyak alat yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur.

Alat yang bisa memprediksi masa subur ini bisa diperoleh di apotek dengan sangat mudah. Cara memakainya sama dengan alat tes kehamilan pada umumnya. Bedanya, alat ini akan mendeteksi hormon luteinizing yang menjadi indikasi datangnya masa subur pada seorang wanita.

Ada baiknya membaca petunjuk yang disertakan pada alat ini. Karena tiap alat akan memiliki sedikit perbedaan, meski tujuannya sama. Sehingga tes yang dilakukan pun bisa maksimal hasilnya.

3. Lakukan hubungan intim lebih sering saat masa subur

Kenapa Anda harus mengetahui masa subur? Karena ini adalah saat yang tepat untuk berhubungan intim dengan pasangan. Tak heran, cara agar cepat hamil ini banyak dianjurkan dokter kandungan.

Saat masa subur seorang wanita datang, saat itulah proses kehamilan akan lebih mudah terjadi. Karena telur yang telah terbentuk sejak beberapa minggu sebelumnya sudah berada dalam kondisi “matang”. Siap dibuahi oleh sperma dari pasangan Anda.

Periode masa subur ini biasanya berlangsung selama 5-6 hari. Jadi selalu manfaatkan waktu yang sempit itu dengan lebih sering melakukan hubungan intim.

Namun demikian, jangan jadikan hal ini sebagai sebuah rutinitas dari usaha untuk mendapatkan keturunan. Tetap lakukan dengan rileks dan romantis. Mood dari pasangan saat berhubungan akan berpengaruh terhadap kualitas sperma dan telur yang ada di dalam tubuh.

4. Upayakan berat tubuh yang sehat

Ilustrasi indeks massa tubuh

Perhatikan juga berat tubuh Anda. Usahakan berada dalam kondisi ideal. Artinya Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh (IMT) Anda berada di kisaran 18,5-22,9.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 3 Februari 2017 lalu, wanita dengan berat di atas normal punya waktu 55-59% lebih lama untuk bisa hamil dibanding mereka yang beratnya normal.

Pasalnya, saat tubuh penuh dengan lemak maka otomatis akan kelebihan hormon estrogen. Hormon inilah yang bakal mengganggu proses munculnya indung telur di dalam tubuh.

Di sisi lain, wanita yang berat tubuhnya di bawah standar justru bakal lebih sulit untuk hamil. Sebuah hasil penelitian di Amerika Serikat menunjukkan para wanita kurus ini bakal empat kali lebih sulit untuk hamil.

Jadi, atur pola makan dengan baik agar Anda memiliki IMT yang ideal. Sehingga bisa lebih mudah untuk hamil.

5. Minum vitamin prenatal

Vitamin prenatal merupakan suplemen yang harus diminum seorang wanita yang berencana untuk hamil. Vitamin ini harus mengandung asam folat yaitu vitamin B kompleks yang ini akan sangat bermanfaat bagi embrio.

Salah satunya adalah akan melindungi embrio dari risiko gangguan otak. Sehingga bayi pun lahir dengan sehat dan otak yang baik.

Centers for Disease Control and Prevention menyarankan para wanita untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari. Setidaknya 1 bulan sebelum hamil untuk membantu mencegah kecacatan bayi.

Rutin mengonsumsi vitamin ini memang harus dilakukan sebelum hamil. Karena jaringan syaraf otak sudah mulai terbentuk antara 3-4 pekan setelah terjadi konsepsi. Masa konsepsi ini jarang bisa diketahui dengan pasti oleh wanita.

6. Makan makanan sehat

Ilustrasi makan makanan sehat

Salah satu cara agar cepat hamil yang sebenarnya mudah dilakukan adalah makan makanan sehat. Tidak hanya sehat, tapi juga usahakan bervariasi. Dengan demikian, Anda akan cukup mendapat nutrisi seperti kalsium, protein, maupun zat besi.

Kandungan nutrisi tersebut akan sangat dibutuhkan oleh Anda dan calon bayi ketika nantinya akan hamil. Embrio bisa tumbuh dengan baik dan sehat ketika mendapat dukungan vitamin yang mencukupi dari sang ibu.

Jangan mengonsumi makanan yang mengandung banyak kolesterol. Hal ini karena kolesterol tinggi jusru akan membuat Anda sulit hamil.

Selain itu, kurangi juga daging ikan yang mungkin mengandung merkuri seperti ikan makarel. Ikan tuna masih bisa tetap dikonsumsi dengan jumlah hanya 6 ons per pekan.

Penting juga untuk mengurangi asupan kafein. Soalnya, mengonsumsi 500 miligram kafein setiap hari berkaitan dengan penurunan kesuburan wanita. Menurut American Society for Reproductive Medicine, Anda masih boleh mengonsumsi 1-2 cangkir kopi (kurang dari 250 miligram kafein) setiap harinya sebelum hamil.

7. Sadari penurunan kesuburan terkait usia

Ada satu hal yang tak bisa ditolak oleh para wanita yang ingin hamil. Hal itu tak lain dari usia yang pasti akan terus bertambah. Seiring bertambahnya usia, kesuburan wanita pun otomatis akan menurun.

Saat usia makin bertambah, produksi indung telur pun akan berkurang. Baik secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini merupakan proses alamiah yang tidak bisa ditolak oleh siapa pun.

Proses penurunan kesuburan ini dimulai ketika wanita sudah menginjak usia 30 tahun. Kondisi ini akan semakin besar ketika memasuki 37 tahun. Saat sudah 40 tahunan, sangat jarang ada wanita yang bisa hamil.

Selain itu, risiko yang dialami wanita yang hamil pada usia 40 tahunan akan lebih besar. Dari mulai keguguran hingga proses melahirkan yang justru bisa berisiko kematian bagi sang ibu.

8. Hindari olahraga berat atau berlebihan

Hindari olahraga berlebihan

Wanita yang aktif hampir setiap hari dalam satu pekan memang punya kecenderungan untuk lebih mudah hamil dibanding yang malas bergerak. Akan tetapi, ketika aktivitas tersebut sudah mulai berlebihan, maka hasil yang didapat justru sebaliknya.

Seperti terlalu banyak berlatih beban di gym karena ingin mendapatkan tubuh yang ideal. Atau bekerja tanpa mempunyai waktu istirahat yang cukup justru akan membuat proses ovulasi menjadi terganggu.

Jadi, jika Anda tengah berencana untuk hamil usahakan tubuh jangan sampai kelelahan. Kesibukan masih bisa dijalani tanpa harus membuat tubuh kelelahan. Bagaimana bisa melakukan hubungan intim dengan maksimal jika kondisi tubuh sudah lelah dan letih, bukan?

9. Hentikan kebiasaan merokok

Cara agar cepat hamil berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah tidak lagi merokok. Saat ini sudah jamak melihat wanita merokok. Tidak hanya di ruangan tertutup, tapi juga di ruangan publik.

Jika Anda memang seorang perokok dan ingin hamil, maka dapat dipastikan usaha Anda akan sangat keras. Karena merokok memang bisa menimbulkan masalah pada kesuburan wanita. Kandungan nikotin dan karbon monoksida yang masuk ke dalam tubuh akan menurunkan kualitas dari telur yang muncul di dalam rahim.

Kalaupun Anda tidak merokok, jangan sampai menjadi perokok pasif. Karena risiko yang bisa dialami perokok pasif justru lebih besar dibanding perokok aktif. Jadi upayakan selalu berada di dalam lingkungan yang sehat dan bebas asap rokok agar Anda bisa segera hamil.

10. Hindari minuman beralkohol dan narkoba

Hindari minuman beralkohol

Tak hanya merokok, minuman beralkohol pun harus dihindari para wanita yang ingin hamil. Bahkan bagi wanita yang melepas alat kontrasepsi karena ingin hamil harus benar-benar berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2017 di Amerika Serikat menunjukkan bahwa separuh dari wanita hamil di negara itu masih tetap mengonsumsi alkohol saat hamil. Terutama ketika mereka belum sadar bahwa dirinya sudah “berisi”.

Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, meminum minuman beralkohol dalam jumlah sedikit (1-2 gelas per hari) atau banyak (lebih dari 2 gelas per hari) akan membuat seorang wanita sulit hamil.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang menggunakan narkoba. Baik takaran kecil maupun banyak.

Jangan pernah berharap bisa hamil jika narkoba masih berada di dalam tubuh. Kalaupun akhirnya bisa hamil, bayi yang dikandung berisiko tumbuh dengan kurang baik.

11. Ciptakan lingkungan yang ramah kehamilan

Lingkungan yang bersih merupakan salah satu cara agar cepat hamil yang bisa Anda terapkan di rumah. Jauhkan rumah dari berbagai bahan kimia berbahaya seperti pestisida yang bisa mengganggu kesuburan seorang wanita.

Para wanita bisa meminimalkan gangguan lingkungan yang tidak sehat ini dengan lebih sering menggunakan masker pelindung. Termasuk menggunakan sarung tangan ketika membersihkan rumah dan lingkungan tempat tinggal.

Tak hanya soal lingkungan fisik yang harus dijaga, lingkungan mental pun harus ikut diperhatikan. Anda harus lebih sering berada dalam kondisi nyaman dan rileks.

Menjaga pikiran jauh dari stres akan membuat kesuburan seorang wanita meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, jika Anda sering atau mudah stres, Anda bisa mencoba cara menghilangkan stres antara lain:

  • Relaksasi atau meditasi
  • Minum air putih yang cukup
  • Melakukan yoga
  • Curhat kepada teman dekat
  • Mengkonsumsi makanan penghilang stres (seperti salmon, blueberry, dan oatmeal)

12. Periksa kesuburan Anda dan pasangan

Bagi pasangan yang sudah berusia di atas 35 tahun tapi belum juga dikaruniai keturunan, ada baiknya melakukan tes kesuburan. Terutama bagi mereka yang sudah melepas alat kontrasepsi dan rutin melakukan hubungan intim selama enam bulan tapi tak memberi hasil positif.

Meski demikian, bagi pasangan yang berusia di bawah 35 tahun dan belum mendapatkan keturunan juga harus melakukan tes kesuburan ini. Semakin cepat Anda mengetahui tingkat kesuburan pada diri Anda dan pasangan, semakin mudah proses yang harus dilakukan jika ada gangguan.

Apalagi bagi mereka yang sudah setahun terakhir rutin berhubungan intim di masa subur tapi tak juga mendapatkan hasil yang diinginkan. Pemeriksaan ini akan membantu untuk mendapatkan cara terbaik yang harus dilakukan untuk bisa hamil.

Penutup

Dua belas cara agar cepat hamil yang sudah Anda baca tadi hanyalah sekadar informasi, bukan sebuah petunjuk medis. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda bisa segera mengunjungi dokter spesialis kandungan yang dipercaya.

Lakukan konsultasi secara mendetail dengan dokter kandungan. Sehingga Anda pun bisa mendapat petunjuk yang lebih rinci untuk bisa segera hamil.

Artikel Terkait: