10 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Mempunyai kulit yang kencang dan segar merupakan idaman banyak orang. Khususnya kaum wanita yang memang punya perhatian lebih soal tubuh dibanding para pria.

Namun, apa jadinya jika kulit yang dimiliki justru sering kering? Kecewa dan sedih rasanya jadi hal yang wajar dirasakan. Anda jadinya kurang percaya diri ketika tengah berada di antara teman-teman bukan?

Jangan khawatir, masih ada  banyak cara untuk mengatasi kulit kering. Bahkan tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia yang kerap punya efek samping yang berbahaya.

Ilustrasi mengatasi kulit kering

Karena cara yang akan kami sajikan berikut ini adalah menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi tubuh. Apa sajakah cara dan bahannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Madu

Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan dan antimikroba. Cairan yang berasal dari lebah ini mempunyai sifat humektan yang membantu mengunci kelembapan. Membuat kulit Anda lebih lembut dan halus.

Madu juga memiliki banyak vitamin dan mineral penting yang membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda. Cara menggunakan madu sebagai berikut:

Sebelum mandi, gosokkan madu ke seluruh tubuh dan diamkan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian bilas. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan kulit lembap.

Cara kedua, lelehkan lilin lebah dalam panci di atas api kecil lalu gabungkan dengan madu yang belum diolah dan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama. Oleskan campuran ini ke seluruh tubuh Anda dan biarkan selama 10 menit, lalu mandi. Ulangi setiap hari atau 2 hari sekali.

Baca juga: 12 Manfaat Madu untuk Kecantikan

2. Yogurt

Yogurt adalah zat penghidrasi kulit yang sangat baik. Sifat antioksidan dan antiinflamasi dalam yogurt membantu melembutkan kulit kering dan gatal.

Kandungan asam laktatnya membantu menyingkirkan kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan kekeringan atau gatal. Cara menggunakannya sebagai berikut:

Cara pertama, oleskan yogurt segar di tangan, wajah, dan kaki Anda dan pijat lembut ke kulit Anda. Biarkan selama 10 menit, lalu mandi. Yogurt akan menghilangkan kulit kering dan membuat kulit Anda segar kembali. Lakukan setiap hari.

Cara kedua, campurkan ½ cangkir yogurt dan 3 sendok makan pepaya yang telah ditumbuk atau dihaluskan lalu tambahkan beberapa tetes madu dan jus lemon. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama 10 menit sebelum mencucinya dengan air dingin. Lakukan ini seminggu sekali.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak sehat yang baik untuk kulit Anda. Sangat pas untuk mengatasi kulit kering di seluruh tubuh Anda.

Berikut cara-caranya:

  • Oleskan lapisan tipis minyak zaitun extra virgin sebelum memakai pelembab yang biasa Anda gunakan.
  • Sekitar setengah jam sebelum mandi, gosokkan sedikit minyak zaitun pada tangan, kaki, dan area lain dengan kulit kering dan pijat ringan. Mandilah dan kemudian gunakan pelembap ringan.
  • Campur 2 sendok makan minyak zaitun, 4 sendok makan gula cokelat halus, dan 1 sendok makan madu. Gosok scrub buatan sendiri ini pada kulit yang kering dengan menggunakan gerakan melingkar ringan selama beberapa menit. Mandilah dan kemudian gunakan pelembap ringan.

4. Krim Susu

Ilustrasi krim susu untuk kulit kering

Asam laktat yang ada dalam krim susu membantu mengatasi kulit kering. Sifat lembut krim susu juga membantu menjaga tingkat pH kulit yang halus.

Krim susu juga merupakan pelembap yang sangat baik. Cara menggunakannya pun tidak sulit, yakni:

Cara pertama, campurkan beberapa tetes jus lemon, 1 sendok teh susu dan 2 sendok teh krim susu. Gosokkan pada tangan dan kaki Anda lalu biarkan sebentar sebelum Anda mandi. Lakukan ini sekali dalam sehari.

Cara kedua, campurkan krim susu secukupnya dengan 3-4 sendok makan tepung, hingga membentuk pasta kental. Oleskan pasta pada wajah, tangan, dan kaki Anda. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali dalam sehari.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga sangat bagus untuk merawat kulit kering. Bahan alami ini memiliki asam lemak yang baik untuk mencegah hilangnya kelembapan kulit.

Ada dua cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi kulit kering. Cara pertama, oleskan minyak kelapa hangat ke seluruh tubuh Anda sebelum tidur. Cuci bersih di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk membuat kulit Anda lembut dan halus.

Cara kedua, oleskan minyak kelapa pada kulit kering Anda setelah mandi. Ketika selesai mandi, kulit yang hangat dan lentur akan lebih mudah menyerap minyak kelapa. Lakukan ini setiap hari.

6. Susu

Susu memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan yang sangat membantu untuk mengatasi masalah kulit kering dan gatal. Asam laktat dalam susu membantu mengelupas sel kulit mati.

Selain itu, asam ini juga meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan dan meringankan kulit Anda.

Bagaimana caranya? Simak di bawah ini yuk!

  • Rendam handuk dalam susu dingin dan letakkan di kulit Anda selama 5-7 menit. Basuh perlahan kompresan susu dengan air hangat. Dengan cara ini, pelembab alami ini akan tetap ada di kulit Anda. Lakukan ini setiap hari.
  • Tambahkan beberapa tetes air mawar ke dalam empat sendok makan susu kemudian gosokkan larutan ini ke seluruh tubuh Anda. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan tubuh dengan air dingin. Lakukan setiap 2 kali sehari untuk mendapatkan kulit lembap.

7. Oatmeal

Anda dapat menggunakan oatmeal untuk melembapkan dan menghilangkan kulit kering. Kandungan protein tinggi di oatmeal melepaskan penghalang pada kulit, yang membantu menjaga kelembapan.

Oatmeal juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Perhatikan caranya di bawah ini:

  • Tuangkan satu cangkir oatmeal polos ke dalam bak mandi yang telah diisi air hangat. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender lalu berendamlah selama 15 hingga 30 menit. Nikmati mandi yang menenangkan ini seminggu sekali.
  • Buatlah masker wajah dengan mencampurkan 1 pisang matang yang dihaluskan dengan 1 cangkir bubur gandum, tambahkan sedikit susu hangat-hangat kuku. Oleskan campuran ini pada kulit kering Anda dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas dengan air dingin, Anda bisa gunakan masker wajah ini seminggu sekali.

8. Alpukat

Masker alpukat dan madu

Alpukat dikenal mengandung asam lemak sehat, vitamin, dan antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kulit dari dalam. Kandungan vitamin A yang tinggi juga membantu dalam perawatan dan perbaikan untuk mengembalikan kulit halus dan lembut.

Ikuti cara-caranya berikut ini:

  • Hancurkan alpukat hingga berbentuk pasta halus. Gosokkan ke seluruh kulit. Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi proses ini sekali sehari.
  • Cara lain, hancurkan ½ buah alpukat matang dan campurkan dengan ½ cangkir madu. Oleskan campuran tersebut pada kulit kering Anda dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya. Oleskan masker wajah hydrating ini 1 atau 2 kali seminggu, jangan gunakan lebih sering dari itu.
  • Anda juga dapat minum segelas smoothie alpukat setiap hari. Manfaatnya adalah meningkatkan asupan lemak sehat yang akan membantu menjaga kulit Anda terhidrasi dan lembap.

9. Lidah Buaya

Aloe vera (lidah buaya) memiliki sifat penenang, antiseptik, dan antijamur yang dapat membantu mengatasi kulit kering yang teriritasi dan mencegah pengelupasan.

Cara sederhana ini akan melembapkan kulit Anda. Sekaligus membentuk lapisan pelindung yang akan menjaga kulit Anda bebas dari segala jenis kotoran.

Cara penggunaannya sebagai berikut:

  • Potong daun lidah buaya segar dan remas gelnya.
  • Oleskan gel pada kulit kering Anda.
  • Biarkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Lakukan ini dua kali sehari.

Cobalah solusi mudah ini untuk menghilangkan ketidaknyamanan yang berasal dari kulit kering. Cara ini bisa mengembalikan tekstur lembut dan halus alami dari kulit Anda.

10. Minyak Almond

Minyak almond merupakan sumber vitamin E yang sangat baik dan dianggap sebagai emolien dan pelumas terbaik untuk kulit kering. Selain itu, sifat antioksidannya baik untuk kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Minyak almond juga mudah diserap oleh kulit. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Hangatkan sedikit minyak almond murni kemudian pijat ringan tubuh Anda dengan minyak hangat ½ jam sebelum mandi. Setelah mandi ketika kulit Anda masih basah, gunakan pelembap ringan. Lakukan ini sekali sehari.
  • Minum segelas susu hangat dicampur dengan 1 sendok teh minyak almond sebelum tidur. Ulangi setiap malam untuk menikmati kulit yang lebih sehat serta tidur yang nyenyak.

Harap diperhatikan, mereka yang alergi terhadap almond tidak dapat menggunakan minyak almond sebagai pelembap kulit kering.

Penutup

Itulah 10 cara mengatasi kulit kering dengan menggunakan bahan alami. Cara-cara dan bahan-bahannya pun relatif mudah didapat. Bahkan boleh jadi Anda sudah memiliki sebagian besar bahan alami tersebut di rumah.

Tapi ingat, lakukan semuanya sesuai aturan. Karena jika Anda menggunakannya secara berlebihan bisa memicu efek yang tidak diinginkan. Bukankah sesuatu yang berlebih itu tidak baik?

Artikel Terkait: