10 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Alami dan Cepat

Wajah berminyak bukan hal yang diinginkan setiap orang. Karena akan bikin wajah kita kusam dan cepat kotor. Hal ini disebabkan minyak cenderung mudah menangkap kotoran dan debu yang bertebaran di udara.

Ketika wajah Anda berminyak, kepercayaan diri pun bisa drop. Bahkan jika tidak dirawat dengan baik, kotoran yang diserap minyak bisa menyebabkan berbagai masalah yang lebih berat di wajah Anda.

Untuk itu Anda harus menghilangkan minyak di wajah dengan tuntas. Tak perlu menggunakan obat khusus pembersih wajah berminyak. Pasalnya, alam menyediakan beragam bahan natural yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah berminyak.

Ilustrasi menghilangkan minyak di wajah

Apa saja bahan alaminya? Simak saja ulasan 10 cara menghilangkan minyak di wajah secara alami berikut ini.

1. Jus Lemon

Air perasan lemon merupakan sumber asam sitrat yang berfungsi sebagai penyegar wajah. Antiseptik dalam lemon tak hanya dapat mencerahkan warna kulit tapi juga mengembalikan keseimbangan pH kulit. Caranya?

Campur satu sendok teh air perasaan lemon dengan ½ sendok teh air penyulingan. Usapkan pada wajah dengan menggunakan kapas, diamkan sampai sekitar 10 menit dan kemudian basuh dengan air hangat.

Ingat, air perasan lemon dapat membuat kulit kering. Untuk itu oleskan pelembab setelahnya. Lakukan hal ini setiap hari.

Anda juga dapat mencampurkan 1 sendok makan air perasan lemon dengan ½ sendok makan madu, dan 1 sendok makan susu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit.

Kemudian bersihkan dengan air dingin. Jika Anda rutin melakukan hal ini setiap hari, hasilnya sudah dapat terlihat dalam seminggu.

2. Tomat

Tomat juga merupakan bahan alami untuk menghilangkan minyak di wajah. Kandungan tinggi vitamin C pada tomat sangat membantu untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah.

Sebab tomat dapat menyerap kelebihan kandungan minyak pada wajah. Tak hanya itu, tomat juga dapat dipakai untuk mendinginkan wajah, membersihkan dan menyegarkan wajah. Ikuti caranya berikut ini:

  • Potong sebuah tomat menjadi dua bagian dan gosok perlahan pada kulit wajah.
  • Biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bersihkan wajah dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembab atau moisturiser bebas minyak.
  • Anda juga dapat membuat masker tomat dengan mencampurkan 3 sendok makan jus tomat dengan 1 sendok makan madu.

3. Mentimun

Mentimun berguna untuk mendinginkan, menyegarkan, dan menghaluskan kulit, terutama untuk kulit berminyak. Kandungan vitamin A, vitamin E, magnesium, dan potasium di dalam mentimun sangat baik bagi jenis kulit berminyak.

Untuk mendapatkan wajah bersih dari minyak, potong tipis mentimun yang masih segar lalu gosok perlahan pada wajah. Diamkan semalaman dan basuh dengan air hangat keesokan paginya. Lakukan secara rutin sebelum pergi tidur malam hari.

Alternatifnya, campurkan 1 ½ sendok teh air perasan ketimun dan air perasan lemon. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering lalu bersihkan dengan air hangat. Campuran ini dapat mengurangi kerutan pada wajah dan kulit terbakar akibat sinar matahari.

4. Putih Telur

Putih telur mengandung vitamin A yang dapat dipakai untuk menghilangkan kandungan minyak pada kulit. Pun bisa membantu menghilangkan jerawat dan noda di wajah.

Ada beberapa caranya, yaitu:

a) Cara pertama adalah dengan mengocok putih telur sampai berbusa dan oleskan pada kulit wajah. Biarkan hingga mengering, kemudian basuh muka dengan air hangat. Lakukan setiap dua kali seminggu.

b) Cara kedua, kocok putih telur lalu tambahkan air perasan ½ bagian lemon, aduk hingga tercampur rata. Oleskan merata pada kulit wajah, diamkan hingga kurang lebih 15 menit.

Jika sudah mengering, basuh dan bersihkan dengan menggunakan air hangat. Campuran putih telur dan air lemon ini dapat mengencangkan kulit wajah dan mengurangi kadar minyak pada wajah.

5. Yogurt

Untuk menghilangkan minyak di wajah juga bisa menggunakan yogurt. Mengandung asam laktat ringan, yogurt dapat membantu pengelupasan kulit dan penyerapan minyak berlebih pada wajah.

  • Caranya, oleskan 1 sendok makan yogurt di wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian basuh dengan air dingin. Lakukan rutin satu kali setiap hari.
  • Alternatif lain, campurkan 1 sendok makan yogurt organik dan oatmeal yang telah ditumbuk halus. Tambahkan 1 sendok teh madu, aduk rata. Oleskan campuran ini pada wajah dan biarkan 10 sampai 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

6. Apel

Ilustrasi perawatan wajah berminyak dengan apel

Apel mengandung antiseptik ringan yang baik untuk pengelupasan, penyegar, dan melembutkan kulit. Efektif untuk kulit berminyak. Kandungan asam malat dalam apel membantu pengelupasan sel kulit mati dan menyerap minyak berlebih dari permukaan kulit.

Bagaimana caranya? Simak di bawah ini:

  • Parut ½ bagian apel dan ratakan pada wajah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian basuh dengan air hangat suam kuku.
  • Bisa juga dengan mencampurkan parutan apel, yogurt, dan air perasan lemon sampai agak mengental. Oleskan pada wajah selama 15 menit, kemudian basuh dengan air dingin.

7. Madu

Madu dapat mengurangi kelebihan minyak pada permukaan wajah, membersihkan pori-pori, dan mengurangi kerutan pada wajah. Cairan yang berasal dari lebih ini memiliki kandungan pelembap yang dapat memelihara kulit dan menjaga kulit tetap lembap tanpa minyak berlebih.

Antiseptik natural dari madu juga sangat berguna untuk mengatasi jerawat yang kerap muncul pada kulit berminyak. Ikuti caranya berikut ini:

  • Oleskan madu tipis-tipis pada wajah dan biarkan hingga 15 menit. kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan secara rutin dua hari sekali.
  • Anda juga dapat mencampur sedikit bubuk almon dengan madu dan menggosoknya secara perlahan pada wajah untuk menyingkirkan minyak dan sel kulit mati. Setelah itu, usap wajah menggunakan handuk hangat untuk membuka pori-pori. Anda dapat melakukan ini seminggu sekali untuk mengurangi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori pada wajah.

8. Susu

Susu adalah salah satu pembersih bebas minyak yang baik yang bisa menghilangkan minyak di wajah secara efektif. Tak hanya itu, susu juga dapat membuat kulit menjadi lembut dan kencang.

Mengapa? Karena susu memiliki kandungan asam alpha hydroksi yang dapat mengelupaskan kulit mati dan memelihara keseimbangan natural pH kulit.

  • Campurkan 2-3 tetes minyak lavender atau kayu cendana dengan dua sendok makan susu cair. Oleskan pada wajah.
  • Perlahan-lahan gosok dan pijat kulit wajah selama beberapa menit untuk memperlancar sirkulasi darah, kemudian tidurlah.
  • Bersihkan wajah di pagi hari dengan menggunakan air dingin. Lakukan hal ini rutin setiap hari.

9. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk mengatasi jerawat yang disebabkan oleh kombinasi kulit berminyak dan bakteri. Kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids) dalam cuka sari apel mampu menjaga kesegaran dan kelembapan kulit berminyak.

  • Anda dapat membuat cairan penyegar dari cuka sari apel dengan mengencerkan 1-4 cangkir cuka sari apel dengan 3-4 cangkir air penyulingan. Oleskan cairan penyegar dengan menggunakan kapas.
  • Biarkan selama kurang lebih 5-10 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukanlah beberapa kali dalam seminggu.

Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan 1 gelas air, minum setiap malam sebelum tidur. Minuman ini dapat menyeimbangkan hormon yang mengontrol produksi minyak pada wajah agar tidak berlebihan.

10. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antimikroba yang baik untuk perawatan jerawat pada kulit berminyak. Tumbuhan ini juga mampu menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah.

  • Potong daun lidah buaya menjadi dua bagian dan ambil ekstrak gel dan lendirnya. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering. Bersihkan wajah dengan air. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari.
  • Pilihan lainnya, rebus daun lidah buaya selama beberapa menit. Haluskan daun kemudian campurkan madu sampai berbentuk pasta. Oleskan pada wajah, diamkan selama 20 menit dan kemudian basuh dengan air dingin. Lakukan hal ini rutin sekali dalam seminggu.

Penutup

Menghilangkan minyak di wajah sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan sejumlah bahan alami bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Seperti lidah buaya, mentimun, apel, atau susu.

Dengan cara-cara yang benar dan tepat, maka masalah wajah berminyak bisa diselesaikan tanpa menimbulkan masalah baru. Justru Anda akan mendapatkan wajah yang lebih fresh.

Artikel Terkait: