10 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

Jamak diketahui, batu ginjal menjadi masalah kesehatan yang cukup sering ditemukan di masyarakat. Kondisi ini ditandai dengan adanya material keras mirip batu di dalam organ ginjal.

Penyebabnya tak lain dikarenakan tingginya kosentrasi senyawa kimia di dalam urin. Misalnya asam oksalat, asam urat, kalsium, dan fosfor. Adapun kebiasaan kurang mengonsumsi air, minum minuman bersoda, konsumsi lemak berlebihan, serta jarang berolahraga juga bisa memicu batu ginjal.

Biasanya penderita batu ginjal akan merasakan sakit saat buang air kecil akibat adanya ‘batu-batu’ yang mengganjal di saluran kemih. Selain itu, gejala lain yang terlihat adalah mual, mudah berkeringan hingga muntah.

Ilustrasi sakit batu ginjal

Untuk mengobati batu ginjal ini, selain memanfaatkan pengobatan medis, Anda juga bisa mencoba bantuan bahan-bahan alami. Tentunya pengonsumsian bahan alami dinilai lebih aman dan minim efek samping. Nah, berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh menyembuhkan batu ginjal.

1. Delima

Anda pasti tak asing dengan buah delima, bukan? Buah berwarna merah ini ternyata sangat efektif melawan batu ginjal loh!

Kandungan zat astringen dalam delima dapat melarutkan dan menghancurkan kristal-kristal keras di ginjal secara perlahan. Anda hanya perlu mengonsumsinya secara rutin agar hasilnya cepat terlihat.

Cobalah minum jus buah delima 1 kali dalam sehari. Atau bisa juga Anda konsumsi langsung buahnya, diolah menjadi salad buah, atau lainnya sesuai selera masing-masing.

2. Daun Pulus

Daun pulus atau jelatang memiliki sifat dieuretik alami yang mana dapat membuang kelebihan garam dalam tubuh. Garam sendiri merupakan pemicu batu ginjal apabila konsentrasinya terlalu tinggi.

Di samping itu, daun pulus juga berguna untuk menjaga keseimbangan air dalam ginjal, melancarkan aliran urin, dan tentunya mencegah terbentuknya batu ginjal. Khasiat lainnya daun ini mempunyai sifat antibakteri.

Untuk cara pengonsumsiannya:

  • Seduh 2 sdt daun pulus ke dalam secangkir air panas
  • Diamkan selama 15 menit
  • Lalu saring sehingga diperoleh sarinya
  • Minum selagi masih suam-suam kuku

Anda bisa mencoba pengobatan ini 2 cangkir sehari selama 1-2 minggu hingga gejala batu ginjal mulai menghilang.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel alami

Mengobati batu ginjal bisa pula memanfaatkan cuka sari apel. Cuka ini memiliki sifat alkalin yang berguna menyeimbangkan pH darah dan urin. Selain itu, cuka apel juga mampu meluruhkan racun yang ada dalam tubuh.

Untuk pengonsumsian cuka apel sebagai obat batu ginjal, lakukan hal-hal berikut:

  • Campurkan 2 sdm cuka sari apel dengan 1 sdt madu ke dalam secangkir air hangat
  • Aduk rata
  • Lalu konsumsi

Jangan mengonsumsi cuka apel secara berlebihan. Cukup 1 kali sehari di setiap pagi selama beberapa minggu.

4. Jus Lemon dan Minyak Zaitun

Selanjutnya, Anda bisa mencoba konsumsi jus lemon dengan minyak zaitun untuk mengobati batu ginjal.

Lemon mengandung asam sitrat dengan kadar tinggi yang mampu menghancurkan batu ginjal berupa kristal kalsium. Tak hanya itu, dapat juga menangkal batu pada kandung empedu.

Sedangkan minyak zaitun bertindak sebagai pelumas pada saluran kemih sehingga material batu bisa dikeluarkan lebih mudah.

Untuk pengobatannya:

  • Campurkan 4 sdm jus lemon dengan 2 sdm minyak zaitun
  • Tambahkan air secukupnya
  • Aduk-aduk
  • Kemudian langsung konsumsi

Anda bisa mencoba obat alami ini 2 kali dalam sehari selama 3-4 hari berturut-turut. Apabila Anda tidak merasakan hasilnya sama sekali, maka Anda bisa menghentikannya dan bersegeralah konsultasi dengan dokter.

Info: konsumsi jus lemon dan minyak zaitun ini tidak dianjurkan untuk mengobati batu ginjal dalam tahap parah (ukuran batu terlalu besar). Baiknya Anda meminta saran dari dokter terlebih dahulu.

5. Semangka

Selain segar, buah semangka ternyata juga efektif mengobati batu ginjal. Buah ini mengandung potasium (kalsium) yang bertindak untuk mengatur keasaman dalam urin serta menjaga kesehatan organ ginjal.

Selain itu juga ada kandungan magnesium yang berguna mencegah terbentuknya batu ginjal dengan cara membatasi pembentukan batu kalsium-oksalat. Sedangkan kadar air yang tinggi dalam semangka berkhasiat untuk membantu pengeluaran batu dari ginjal.

Anda bisa mengonsumsi buah semangka atau mengolahnya menjadi jus untuk diminum 2 hari sekali. Ketika gejala batu ginjal mulai berkurang maka kurangi pengonsumsiannya.

6. Daun Basil

Mengobati batu ginjal dengan daun basil

Pernah mendengar tentang khasiat daun basil? Daun ini sering digunakan pada masakan italia. Morfologinya sangat mirip dengan daun kemangi atau selasih.

Daun basil sendiri memiliki sifat tonik yang mana mampu menyehatkan organ dan jaringan tubuh. Di samping itu, daun ini juga membantu pengeluaran batu ginjal melalui ureter.

Cara pengonsumsiannya ada 3 metode, yakni:

  • Pertama, Anda bisa membuat jus daun basil dengan air dingin.
  • Kedua, Anda dapat mendidihkan 5 lembar daun basil dalam panci selama 10-15 menit. Jika sudah mendidih, saring dan tuangkan dalam cangkir. Tunggu hingga dingin, lalu segera diminum.
  • Alternatif lain, Anda bisa mencampurkan 1 sdt jus daun basil dengan 1 sdt madu. Aduk, kemudian langsung konsumsi.

7. Sereal Gandum

Gandum menjadi pilihan tepat untuk obat alternatif batu ginjal. Di dalam gandum ditemukan kandungan serat dalam kadar cukup tinggi. Serat ini bisa membantu mengurangi kadar kalsium dalam urin sekaligus melancarkan metabolisme tubuh.

Menurut studi yang dilakukan oleh American Society of Nephrology, diet tinggi gandum bisa meringankan masalah batu ginjal. Ini karena gandum kaya nutrisi seperti serat, mineral, dan vitamin.

Oleh karenanya, usahakan untuk mengemil roti gandum 2-3 kali dalam sehari atau sarapan dengan sereal gandum. Umumnya sereal gandum mengandung magnesium yang bisa mencegah pembentukan kristal ddalam ginjal.

8. Kacang Merah

Selain gandum, kacang merah juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Itulah mengapa Anda bisa memanfaatkan kacang merah sebagai obat alami untuk mengatasi batu ginjal atau masalah pada kandung kemih.

Anda dapat menyajikan kacang merah dengan salad, sup, atau masakan lainnya. Bisa pula minum sarinya dengan cara seperti ini:

  • Pertama, buang biji dari kacang merah terlebih dahulu
  • Kemudian masukkan kacang dalam panci yang berisi air
  • Didihkan dengan api rendah hingga kacang menjadi lunak
  • Lalu saringlah hingga diperoleh sari kacang merah
  • Diamkan sarinya hingga agak dingin
  • Saring kembali agar lebih bersih
  • Lalu segera konsumsi

Peringatan: Sari kacang merah tidak disarankan dikonsumsi lebih dari 24 jam karena akan kehilangan khasiatnya.

9. Rumput Gandum

Rumput gandum cukup populer di masyarakat untuk digunakan sebagai obat alami penyembuh batu ginjal. Bahan ini bisa membantu proses pengeluaran material-material keras yang mengendap dalam organ ginjal ataupun ureter.

Di samping itu, gandum juga kaya nutrisi. Mengandung mineral seperti zat besi, magnesium, dan kalium. Serta klorofil, vitamin B serta asam amino. Tentunya semua zat tersebut bisa menunjang kesehatan ginjal.

Untuk cara penyajiannya, disarankan mengombinasikannya dengan lemon dan daun basil agar khasiatnya lebih optimal. Berikut ini tahapannya:

  • Pertama, siapkan secangkir jus rumput gandum
  • Tambahkan 1 sdt jus daun basil (opsional)
  • Tambahkan 1 sdt air perasan lemon
  • Aduk
  • Lalu segera konsumsi

Ulangi pengonsumsian 2 kali dalam sehari.

10. Seledri

Terakhir, Anda bisa mencoba pengobatan tradisional dengan mengonsumsi sayur seledri. Seledri memiliki sifat anti-spasmodik yang bisa mengurangi rasa nyeri dari adanya batu ginjal.

Selain itu, seledri juga mengandung zat diuretik yang berguna untuk melancarkan keluarnya urin serta membuang kadar garam berlebih. Tentunya kedua hal tersebut berkaitan erat dengan penyembuhan batu ginjal.

Seledri juga dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh dan mengurangi kadar asam urat yang menjadi pemicu batu ginjal.

Untuk pengonsumsiannya, Anda bisa langsung membuat jus seledri atau mengolahnya sebagai sayur sup, dan sebagainya. Konsumsi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Demikianlah beberapa cara mengobati batu ginjal secara alami. Apabila Anda tidak merasakan perubahan kondisi tubuh, di mana gejala batu ginjal masih saja terasa maka baiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait: