10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Sehat

Melangsingkan badan bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Walaupun mungkin banyak di antara Anda yang sudah capek-capek diet tapi enggak ada hasilnya.

Itu bukan berarti tak ada harapan. Bukan pula karena Anda yang kurang motivasi. Namun, bisa saja metode diet Anda yang kurang tepat.

Nah, kali ini akan dijelaskan tips mengurangi berat badan yang efektif. Pastinya juga sehat dan alami. Tanpa Anda perlu menyiksa diri ataupun mengonsumsi obat-obatan diet.

Ilustrasi menurunkan berat badan

Penasaran? Berikut 10 cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa Anda coba.

1. Awali Hari Anda dengan Air Lemon

Jika selama ini Anda tidak pernah mengonsumsi lemon, maka mulai sekarang cobalah minum air lemon di pagi hari. Air lemon ini merupakan minuman detoks yang berperan ampuh dalam penurunan berat badan.

Di dalamnya terkandung zat antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, air lemon juga mengoptimalkan proses pembakaran lemak. Serta memperlambat metabolisme tubuh sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Cara penyajiannya sebagai berikut:

  • Siapkan air perasan lemon dalam gelas
  • Tambahkan air hangat
  • Aduk-aduk hingga larut sempurna
  • Segera konsumsi sebelum dingin

Minum larutan alami ini setiap hari untuk proses penurunan berat badan yang lebih cepat. Dan jangan lupa, buat minuman ini langsung dari buahnya.

Hindari membeli produk jus lemon kemasan atau botolan. Mengapa? Sebab produk olahan cenderung mengandung zat tambahan dan nutrisinya juga kurang lengkap.

2. Minum Banyak Air Putih

Minum air putih

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan bila ingin menurunkan berat badan adalah memperbanyak konsumsi air putih. Sesuai standar, sekitar 8-10 gelas per harinya.

Air putih ini bagus juga untuk detoksifikasi, yakni pengeluaran racun dari dalam tubuh. Di samping itu, air putih juga membantu melancarkan pencernaan sekaligus bikin kulit Anda semakin sehat.

Yang perlu Anda perhatikan dalam mengonsumsi air putih adalah jangan minum sebelum atau tepat sesudah makan. Berikan jarak sekitar 30 menit agar tidak menganggu pencernaan di lambung.

Selain itu, untuk mencukupi cairan tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya air. Misalnya mentimun, semangka, atau lainnya.

3. Ganti Teh Hitam atau Kopi dengan Teh Hijau

Jika selama ini Anda punya kebiasaan minum secangkir kopi atau teh hitam di pagi hari, segera ganti kebiasan tersebut dengan mengonsumsi teh hijau.

Teh hijau ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Zat tersebut dapat melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa katekin. Katekin ini bisa membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas serta meningkatkan proses pembakaran lemak di tubuh.

Baca juga: 20 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Minum Cuka Sari Apel

Selain bagus untuk menjaga kesehatan kulit, cuka sari apel juga bisa membantu menurunakan berat badan dengan cepat. Ini dikarenakan kandungan asam asetatnya yang  cukup tinggi, yang berfungsi mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.

Manfaat lain, cuka sari apel bisa melawan infeksi, melancarkan pencernaan serta membantu proses penyerapan nutrisi dalam tubuh lebih optimal.

Untuk mengonsumsinya, Anda campurkan 1-2 sdt cuka sari apel ke dalam segelar air putih. Aduk-aduk. Kemudian konsumsi selagi masih hangat. Cara lain, Anda bisa juga mengonsumsi cuka apel dengan salad.

Yang jelas, jangan meminum cuka apel tanpa campuran apapun sebab itu berbahaya. Soalnya bisa menganggu kesehatan mulut dan kerongkongan. Selain itu, sifat asam dari cuka apel juga bisa mengiritasi lambung.

Oleh karenanya tidak disarankan dikonsumsi berlebihan. Cukup 1-2 kali dalam seminggu saja. Simpel, bukan?

5. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan Anda berpengaruh besar terhadap berhasil tidaknya proses menurunkan berat badan. Bila Anda ingin diet Anda sukses, maka perbanyak konsumsi makanan rendah kalori namun tinggi gizi.

Misalnya saja, buah-buahan segar, sayuran, dan bijian-bijian. Selain itu, ikuti aturan di bawah ini:

  • Batasi konsumsi makanan berlemak tinggi dan gorengan.
  • Batasi asupan garam dan gula.
  • Produk olahan tepung, seperti kue, pizza, pasta, burger sebaiknya juga dihindari dulu. Lebih baik Anda mengonsumsi produk dari olahan gandum utuh.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat. Lebih baik Anda perbanyak asupan protein dan serat.
  • Hindari membeli produk jus kemasan. Sebaiknya Anda membuat jus sendiri di rumah dari buah-buahan segar.
  • Makanlah dengan porsi sedikit agar lebih cepat dicerna, namun berulang kali.
  • Untuk makan malam, lakukan maksimal 2 jam sebelum tidur.
  • Hindari ngemil sebelum tidur.
  • Makanlah secara teratur, Anda tak perlu menyiksa diri. Terlebih lagi sarapan itu sangat penting untuk energi tubuh.
  • Sesekali Anda boleh makan kue atau makanan cepat saji, tapi cukup 1 kali seminggu.

6. Lakukan Olahraga

Lari untuk membakar lemak

Anda jangan pernah percaya bahwa konsumsi obatan-obatan bisa menurunkan berat badan secara instan. Bagaimanapun juga, jika Anda ingin langsing, maka Anda harus rajin berolahraga.

Salah satu jenis olahraga sederhana yang ampuh mengurangi berat badan adalah berlari. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan latihan fisik di gym.

Misalnya, melakukan treadmill sekitar 25 menit perharinya. Itu bisa membantu mengurangi lemak di tubuh.

Oh ya, sekalipun nantinya berat badan Anda turun, Anda tetap wajib menjalankan olahraga. Aktvitias ini penting untuk menjaga kesehatan Anda seperti meminimalkan risiko penyakit diabetes, jantung, sakit ginjal, stroke, dan kanker. Selain itu, juga mengurangi stres pikiran.

7. Tidur Malam yang Cukup dan Berkualitas

Kurang tidur atau kebiasaan begadang secara tak langsung juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Menurut penelitian, kurang tidur akan memengaruhi hormon lapar menjadi aktif.

Sehingga dampaknya Anda jadi terdorong untuk mengemil. Hal itulah yang bisa menganggu efektivitas program diet Anda!

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Chicago tahun 2010, terdapat perbedaan signifikan dari pelaku diet yang tidur malam cukup dan yang sering begadang.

Untuk mereka yang tidur nyenyak di malam hari, diet mereka bekerja lebih efektif dan bisa menurunkan lemak hingga separuh berat badannya. Sementara yang kurang tidur, lemak hanya berkurang dari seperempat dari berat badan.

Oleh karena itu, tidurlah malam yang cukup jika ingin diet Anda berhasil. Minimal 6-8 jam sehari.

8. Aktif Bergerak

Aktif bergerak juga menjadi cara menurunkan berat badan yang ampuh. Anda jangan hanya duduk di depan komputer seharian, itu tak hanya membuat berat badan susah turun. Tapi juga bikin perut jadi buncit.

Sebisa mungkin, usahakan memperbanyak gerak setiap hari. Misalnya jogging pagi hari, berbicara di telepon sambil berjalan, naik tangga di kantor (jangan sering-sering naik lift), bersih-bersih rumah, dan sebagainya.

9. Hindari Stres

Beberapa orang menganggap bahwa stres bisa membuat seseorang turun berat badannya. Faktanya, sebagaimana diungkapkan dalam penelitian di Universitas Stanford, stres justru merangsang produksi hormon Adamts-1 jadi lebih tinggi. Ini adalah hormon pembentuk sel-sel lemak dalam tubuh.

Tak hanya itu, stres juga bisa menimbulkan efek buruk bagi diri Anda. Seperti menganggu psikologis serta menyebabkan penyakit berbahaya lainnya.

10. Lakukan Hipnoterapi

Cara menurunkan berat badan yang terakhir, Anda bisa mempraktikkan metode diet hipnoterapi ala Dewi Hughes. Selebiritis yang dulunya dikenal berbadan gemuk itu, berhasil menurunkan bobot badan dari 150 kg menjadi 70 kg! Luar biasa, bukan?

Dia menjelaskan bahwa diet hipnoterapi merupakan diet kenyang. Artinya Anda tak perlu menahan lapar meski sedang diet. Makan saja, tapi pilih yang sehat-sehat.

Berikut beberapa poin penting dalam diet hipnoterapi:

  • Dewi Hughes tidak mengonsumsi nasi putih sama sekali. Menurutnya nasi mengandung gula dengan kadar tinggi dan bikin bobot cepat naik.
  • Makanan yang dikonsumsi adalah makanan real food. Bukan makanan kemasan. Sebab makanan kemasan pasti mengandung zat-zat tambahan yang enggak baik untuk tubuh.
  • Dia lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  • Memasak dengan metode rebus atau tumis, tidak pernah digoreng.
  • Menghindari asupan garam dan gula.
  • Untuk mendapatkan sumber karbohidrat, ia mengonsumsi ubi, jagung dan kentang.
  • Sesekali ia juga mengonsumsi telur, daging, dan ikan.
  • Memperbanyak konsumsi air putih.
  • Ia sesekali mengonsumsi air kelapa muda untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Penutup

Demikianlah beberapa cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat. Intinya, Anda jangan mudah menyerah saat menjalani diet.

Yakinlah Anda pasti berhasil dan nikmati prosesnya agar tidak stres. Cepat atau lambat, Anda akan mencapai berat badan ideal yang Anda inginkan. Good luck!

Artikel Terkait: