10 Gejala Sakit Ginjal yang Perlu Anda Waspadai

Ginjal merupakan organ tubuh yang tak kalah vital dari jantung. Bahkan, seperti sakit jantung, sakit ginjal juga merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia.

Sebagai penyaring racun dan zat tak berguna lainnya, fungsi ginjal memang sangat vital bagi tubuh manusia. Ketika ginjal sudah tak berfungsi maksimal, maka tubuh pun tak punya lagi saringan terhadap zat-zatĀ  berbahaya.

Fungsi ginjal ini pun akan semakin menurun mengikuti usia. Seringkali gejala sakit ginjal ini tak terlihat dan terasa dengan cepat. Butuh diagnosis secara khusus untuk memastikan kondisi ginjal.

Ilustrasi gejala sakit ginjal

Namun demikian, ada 10 gejala yang merupakan tanda-tanda bahwa ginjal Anda tengah mengalami masalah. Seperti apa saja? Yuk simak sama-sama.

1. Rasa Lelah dan Lemah yang Parah

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, Anda akan merasa cepat lelah. Anda akan merasakan lelah, capek, dan kekurangan banyak energi tanpa alasan yang jelas.

Dua kemungkinan yang menyebabkan keadaan lelah dan lemah adalah anemia atau kekurangan darah dan akumulasi dari banyaknya zat-zat beracun yang mengendap di badan akibat tidak dapat diproses oleh ginjal.

Ginjal yang sehat mengeluarkan hormon erythropoietin yang melindungi produksi oksigen pembawa sel darah merah. Ginjal yang rusak tidak dapat mengeluarkan hormon ini. Sehingga akhirnya menyebabkan kurangnya jumlah sel darah merah dalam badan.

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, akan sulit untuk mengeluarkan racun-racun dalam badan. Hal ini menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Menumpuknya racun dalam badan dan hilangnya nafsu makan akan menyebabkan kekurangan energi.

2. Perubahan Fungsi Buang Air Kecil

Gejala sakit ginjal yang paling dapat dilihat adalah perubahan fungsi buang air kecil. Perubahan yang terjadi seperti jumlah air seni yang dikeluarkan dan frekuensi waktu saat buang air kecil.

Perubahan fungsi lainnya antara lain:

  • Sering bangun malam untuk buang air kecil
  • Merasa ingin buang air kecil, tetapi tidak keluar
  • Air kencing berwarna lebih keruh dari biasanya atau disertai darah
  • Air kencing terlihat berbusa atau terdapat gelembung-gelembung
  • Susah buang air kecil
  • Kesakitan atau terasa panas ketika buang air kecil

3. Bercak-bercak dan Gatal Pada Kulit

Munculnya bercak-bercak, iritasi, dan gatal pada kulit adalah salah satu gejala yang timbul akibat kerusakan pada ginjal. Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik akan membuat penumpukan sampah dan racun dari zat makanan yang tidak terproses dengan baik pada tubuh. Ujungnya bisa menimbulkan masalah pada kulit.

Efek lain yang diakibatkan oleh ginjal yang rusak adalah ketidakseimbangan antara kalsium dan fosfor dalam darah, yang menimbulkan rasa gatal pada kulit. Jika gejala-gejala di atas tiba-tiba muncul dan Anda rasakan, cobalah untuk konsultasi ke dokter.

4. Nyeri Pinggang Tanpa Sebab

Ilustrasi nyeri pinggang

Anda pernah secara tiba-tiba merasakan sakit dan nyeri di bagian pinggang? Boleh jadi ini adalah sinyal dari kondisi ginjal yang sudah melemah. Apalagi jika nyeri di pinggang itu tanpa ada sebab sama sekali.

Rasa sakit di punggung bagian bawah dan pinggang juga bisa disebabkan oleh adanya batu ginjal. Kemunculan batu ginjal juga bisa terdeteksi ketika Anda sering merasakan nyeri di bagian pinggang, bahkan perut.

Bahkan, terkadang gejala ini sampai memunculkan keram di pinggang dan punggung bawah hingga paha. Segera temui dokter untuk mengecek kondisi tubuh Anda dengan lebih pasti.

5. Pembengkakan di Beberapa Bagian Tubuh

Gejala sakit ginjal yang sangat mudah terdeteksi adalah ketika beberapa bagian tubuh mulai membengkak. Saat fungsi ginjal sebagai penyaring racun dan zat tak berguna bagi tubuh lainnya rusak, maka tubuh pun akan menampung semuanya tanpa terkecuali. Inilah yang kemudian menimbulkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

Umumnya akan terjadi pembengkakan di bagian tangan, kaki, wajah, di bawah mata, hingga bagian engkel. Saat ditekan beberapa detik saka, bagian yang bengkak ini akan memunculkan jejak di kulit. Ini sudah jelas merupakan gejala dari kerusakan pada ginjal.

6. Sakit Kepala

Jika sakit ginjal menyebabkan anemia, maka efek lanjutannya adalah Anda akan sering merasakan berbagai sakit kepala. Dari mulai saki kepala ringan hingga kehilangan keseimbangan. Hal ini disebabkan anemia telah membuat otak Anda kekurangan oksigen.

Bahkan, bukan mustahil Anda mulai mengalami masalah dalam mengingat sesuatu. Bisa juga menjadi sulit berkonsentrasi dan susah untuk tidur nyenyak.

Sayangnya, tak banyak orang berpikir jika sakit kepala yang dirasakan merupakan sinyal dari kondisi ginjal yang melemah. Anda harus memastikannya dengan melakukan cek medis.

7. Napas Berbau Seperti Urin (Amonia)

Napas bau memang sebuah hal yang mengganggu. Namun, umumnya berpikir hal ini karena disebabkan oleh bakteri di dalam mulut dan kerongkongan. Padahal, ini juga merupakan sebuah gejala dari kerusakan ginjal.

Sakit ginjal memang bisa menyebabkan lidah seperti kebas dan bahkan napas berbau amonia. Ini disebabkan oleh ginjal yang tidak bisa berfungsi maksimal untuk meningkatkan urea di dalam darah. Zat ini mampu mengurangi kadar amonia di ludah, termasuk mengadang munculnya mulut bau amonia.

Ketika Anda merasakan makanan yang disantap selalu berbeda dari biasanya, bahkan terasa seperti bahan logam, sangat mungkin saat itu Anda tengah mengalami masalah di bagian ginjal.

8. Mual atau Muntah

Ilustrasi pria muntah

Mual dan muntah tak hanya menjadi ciri khas bagi mereka yang tengah hamil. Mereka yang mengalami masalah ginjal juga bisa mengalami dan merasakan hal yang sama.

Merasakan mual dan muntah memang kadang tak dianggap sebagai gejala sakit ginjal. Apalagi gejala ini kerap dirasakan di pagi hari saat baru bangun.

Saat ginjal mulai tidak bisa menyaring racun, maka kandungan urea nitrogen di dalam darah pun makin berkurang. Akibatnya, asam lambung bertambah dan memunculkan rasa mual dan muntah. Segera periksa ke dokter jika Anda sering mengalami seperti ini dengan kondisi tidak wajar.

9. Napas Pendek

Napas pendek juga merupakan salah satu indikasi kerusakan ginjal. Masalah ini biasanya disebabkan oleh anemia yang berawal dari masalah pada ginjal. Saat ginjal bermasalah, aliran darah menuju paru-paru akan terganggu. Itulah yang membuat paru-paru menjadi sulit bekerja dengan baik.

Ketika ginjal tak lagi berfungsi dengan baik, kandungan potasium di dalam aliran darah menjadi tidak terkontrol. Hal ini akan menyebabkan jantung berdetak tidak normal. Termasuk mengalirkan darah ke bagian paru-paru yang tidak normal juga.

10. Merasa Dingin di Sebagian Besar Waktu

Anda pernah merasa kedinginan padahal cuaca tengah panas? Bisa jadi ini menjadi tanda-tanda Anda tengah sakit ginjal. Tanpa alasan jelas, Anda tiba-tiba merasa dingin. Bahkan, kadang disertai dengan demam di saat bersamaan.

Anda merasakan dingin ini di mana saja dan kapan saja. Saat merasakan dingin ini tubuh Anda pun akan melemah dan merasa letih. Konsultasikan dengan dokter ketika Anda merasakan hal-hal tersebut.

Penutup

Sejumlah gejala sakit ginjal yang muncul memang kerap dianggap disebabkan oleh hal lain. Seperti sakit kepala, mual, muntah, dan napas yang pendek. Banyak orang berpikir hal-hal tersebut tidak ada hubungannya dengan ginjal yang tidak lagi berfungsi.

Memang harusĀ  butuh diagnosis dokter yang lebih mendalam untuk memastikannya. Untuk itu, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter saat Anda merasakan gejala-gejala di atas.

Artikel Terkait: