11 Makanan Pencegah Kanker Payudara

Dewasa kini, kanker payudara menjadi penyakit yang mudah ditemukan di masyarakat. Padahal penyakit ini sangatlah berbahaya. Bahkan berisiko merenggut nyawa penderitanya.

Menurut data dari Yayasan Kanker Indonesia, 18,2% kematian wanita di dunia disebabkan oleh kanker payudara. Penyebab dari kanker payudara sendiri sangatlah kompleks. Umumnya dipengaruhi oleh gaya hidup, pola makan, dan faktor genetika.

Untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara, tentunya Anda harus bisa menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol. Selain itu jauhi juga polusi udara, paparan radiasi, dan lakukan pemeriksaan medis secara berkala.

Simbol kanker payudara

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan diet sehat. Beberapa makanan tertentu telah diteliti dapat mencegah sekaligus melawan sel kanker payudara. Berikut ini 11 makanan pencegah sel kanker payudara yang perlu Anda ketahui.

1. Tomat

Tomat merupakan superfood yang mengandung senyawa antioksidan kuat berupa likopen. Menurut American institute for Cancer Research, likopen dapat mencegah kanker dengan cara menghentikan perkembangan sel abnormal.

Penelitian lain dari jurnal Endokrinologi & Metabolisme juga mengungkapkan bahwa diet kaya tomat bisa melindungi wanita menopause dari kanker payudara.

Untuk memperoleh khasiat tersebut, Anda bisa mengonsumsi setengah jus tomat setiap hari. Atau bisa pula mengolah tomat dengan cara dimasak terlebih dahulu.

2. Ikan Salmon

Makanan pencegah kanker payudara lainnya yang bisa Anda konsumsi adalah ikan salmon. Ikan salmon merupakan jenis ikan berminyak yang kaya asam lemak omega-3. Senyawa ini terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh sekaligus menghancurkan sel-sel tumor.

Di samping itu, ikan salmon juga mengandung vitamin B12, vitamin D serta protein bebas lemak. Semua kandungan tersebut menyumbangkan nutrisi yang bisa mencegah risiko kanker.

Untuk memperoleh khasiat secara optimal, Anda disarankan mengonsumsi ikan salmon sekitar 2 kali dalam seminggu. Proses pengolahan terbaik yakni dengan dipanggang atau dikukus.

Adapun jenis ikan berminyak lain yang berpotensi mencegah kanker payudara adalah tuna, trout, dan sarden.

3. Bawang Putih

Ilustrasi makanan pencegah kanker payudara

Bawang putih tidak hanya berguna menyedapkan masakan, tapi juga menjadi makanan pencegah kanker payudara.

Di dalam bawang putih terkandung senyawa flavonol, flavon dan belerang yang telah diteliti bisa membunuh sel kanker. Antara lain kanker payudara, perut, usus, dan mulut.

Untuk mengonsumsi bawang putih, Anda bisa langsung memakannya setelah dikupas. Alternatif lain untuk mengurangi sensani panasnya, Anda dapat memasaknya dulu dengan ditumis atau metode lainnya.

Sedangkan bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum memutuskan mengonsumsi bawang putih.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

4. Brokoli

Tak sedikit ahli kesehatan yang menyarankan wanita untuk mengonsumsi brokoli guna mencegah risiko kanker payudara.

Pasalnya, brokoli mengandung senyawa indole-3 carbinol yang telah diteliti dapat menekan perkembangan sel tumor serta mengatur metabolisme estrogen. Senyawa tersebut juga mampu melawan kanker prostat dan serviks.

Brokoli ini bisa Anda konsumsi setengah cangkir perhari. Anda juga dapat mengombinasikannya dengan sayuran lain, seperti kembang kol, kale dan kubis.

5. Bayam

Bayam juga merupakan makanan pencegah kanker payudara. Dari penelitian ditemukan bahwa bayam mengandung senyawa lutein yang merupakan antioksidan kuat. Selain itu, bayam juga kaya zat karotenoid dan zeaxathin yang berperan melawan radikal bebas penyebab kanker.

Untuk mengurangi risiko kanker payudara, para wanita disarankan mengonsumsi bayam paling tidak 3 cangkir dalam seminggu. Anda bisa menikmatinya dengan cara ditumis, dikukus, diolah menjadi salad, atau dimasak kuah.

6. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang mengandung senyawa kurkumin dengan kadar tinggi. Kurkumin ini merupakan zat anti inflamasi serta antioksidan kuat yang ampuh memerangi sel-sel abnormal. Termasuk sel kanker payudara, paru-paru, dan lambung.

Mengonsumsi kunyit juga bisa mengoptimalkan proses kemoterapi konvesional, saat sel kanker menjadi lebih peka terhadap efek terapi.

Untuk mengolah kunyit, Anda bisa merebus 1 sendok bubuk kunyit dalam 1 Liter air, kemudian langsung minum selagi masih hangat.

Sedangkan bagi Anda yang menderita gangguan empedu atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

7. Biji Rami

biji rami

Alternatif selanjutnya untuk mencegah kanker payudara adalah dengan mengonsumsi biji rami.

Biji rami telah diteliti mengandung tinggi nutrisi, salah satunya asam lemak omega 3 dalam bentuk alpha linolenic acid (ALA). Senyawa ini berperan sebagai pelindung terhadap sel-sel tubuh, menyatabilkan produksi estrogen sera melawan kanker payudara.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menjadikan biji rami sebagai topping smoothie, saus salad, yogurt atau kue-kue yang dipanggang sesuai selera masing-masing.

8. Delima

Buah delima dikenal sebagai makanan dengan segudang khasiat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya yakni mencegah kanker payudara.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa buah delima mengandung senyawa urolithin B. Senyawa ini dapat menekan kadar estrogen dalam tubuh sehingga bisa mengurangi risiko pertumbuhan kanker payudara.

Tak hanya itu, delima juga mengandung polifenol dalam bentuk asam ellagic. Senyawa ini merupakan zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Menurut beberapa studi, konsentrasi antioksidan dalam buah delima sangatlah tinggi dibandingkan jenis buah lainnya. Anda bisa mengonsumsi delima ini secara langsung, di buat jus, atau diolah menjadi salad buah.

9. Kacang Kenari

Makanan pencegah kanker payudara berikutnya adalah kacang kenari. Berdasarkan penelitian di Universitas Marshall, Huntington, Amerika Serikat, dikemukakan bahwa mengonsumsi 2 ons kenari dalam sehari bisa mengurangi risiko kanker payudara.

Selain itu, kacang kenari juga ampuh melawan peradangan, mengontrol tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. Anda bisa menjadikan kacang kenari sebagai cemilan sehari-hari ketika beraktivitas atau di saat bersantai.

10. Labu

Pada umumnya masyarakat mengonsumsi buah labu sebagai menu sehat untuk diet. Buah ini memang mengandung rendah kalori serta serat cukup tinggi sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Namun selain dari itu, labu juga ampuh mencegah kanker payudara. Di dalam labu terkandung mineral, vitamin C, vitamin E serta zat antioksidan karotenoid yang dapat melindungi tubuh dari sel-sel kanker. Labu juga bisa mengurangi risiko gangguan jantung dan pengelihatan.

11. Bluberri

Terakhir, makanan yang bisa melindungi tubuh Anda dari penyakit kanker payudara adalah blueberri. Buah ini kaya akan gizi, mengandung tinggi vitamin, mineral serta antioksidan.

Blueberri juga mengandung asam ellagic yang bersifat antikanker. Senyawa ini dapat menghambat penyebaran dan perkembangan sel-sel abnormal pada payudara.

Adapun jenis buah golongan berri lainnya yang juga kaya antioksidan yakni stoberi, cranberri, blackberri, dan rasberri.

Penutup

Demikianlah beberapa jenis makanan pencegah kanker payudara. Untuk memperoleh manfaat secara optimal, tentunya Anda perlu menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu membiasakan berolahraga, menghindari gaya hidup yang buruk, serta jangan lupa memeriksakan kesehatan secara berkala. Dengan begitu, penyakit kanker payudara bisa dicegah serta ditangani sedini mungkin.

Artikel Terkait: