8 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Menjadi seorang ibu adalah sebuah anugerah. Bagi calon mahmud alias mamah muda yang baru mengalami kehamilan, tentunya harus menjaga dengan baik kehamilannya.

Jika kondisi memungkinkan, berolahraga dan beraktivitas sedikit dikurangi, namun tetap harus berolahraga ringan demi kebugaran tubuh.

Selama kehamilan Anda harus menjaga kondisi tubuh dan memakan asupan makanan yang bergizi. Berbagai makanan sehat untuk ibu hamil sangat disarankan untuk membantu pertumbuhan janin dalam tubuh ibu hamil.

Makanan sehat untuk ibu hamil

Terlebih bagi Anda yang juga seorang wanita karier. Anda dituntut tetap bisa bekerja dengan baik meski dalam kondisi hamil yang pasti akan mengalami banyak gangguan. Karena itu, Anda butuh asupan yang tepat dan bermanfaat.

Berikut makanan beserta zat-zat yang terkandung di dalamnya, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan pembentukan janin yang sehat.

1. Bayam

Bayam mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan sekaligus mendukung proses pembentukan janin yang sehat. Terutama asam folat yang sangat dibutuhkan wanita hamil atau yang ingin cepat hamil. Vitamin C pada bayam membantu membentuk kekebalan tubuh pada ibu hamil sehingga tidak rentan terhadap penyakit.

Kandungan kalsium dalam bayam mendukung pembentukan tulang pada janin dan menambah kekuatan tulang pada ibu hamil yang membawa beban tambahan. Selain itu, bayam yang juga mengandung zat besi membantu produksi sel-sel darah merah pada ibu hamil.

Lalu serat bayam akan membantu melancarkan pencernaan ibu hamil. Disarankan untuk memasak bayam yang masih segar. Anda dapat mencampurnya dengan potongan wortel atau irisan jagung manis.

2. Brokoli

Selanjutnya adalah brokoli. Brokoli dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya dalam sup, ditambah sedikit garam. Agar Anda tetap mendapatkan nutrisi yang baik dari brokoli, disarankan untuk tidak mengkonsumsi brokoli yang telah disimpan lebih dari 24 jam dalam kulkas.

Dalam brokoli terkandung kalsium yang mendukung pertumbuhan tulang, gigi dan otot baik untuk janin maupun untuk energi selama kehamilan dan menyusui bagi ibu.

Brokoli juga mengandung zat khusus yang memberi perlindungan dari berbagai jenis kanker pada bayi, dan zat besi nya mencegah anemia pada ibu hamil. Asam folat yang tinggi dalam brokoli sangat membantu untuk melindungi bayi dari cacat tabung syaraf dan kelainan tulang belakang.

3. Alpukat

Makanan sehat untuk ibu hamil yang mendukung kesehatan janin adalah alpukat. Mengandung asam folat yang juga tinggi, yang sangat diperlukan untuk menghindari janin dari cacat.

Alpukat juga mengandung berbagai jenis vitamin. Seperti Vitamin C, Vitamin B2, B1 dan B6, vitamin K, dan vitamin E yang membantu mengatasi mual berlebihan pada ibu hamil.

Kandungan kalsium dan zat besi pada alpukat membantu pembentukan tulang, gigi, dan otot pada janin. Selain itu juga membantu produksi sel darah merah pada ibu hamil sehingga tidak merasa lelah sepanjang kehamilan.

Alpukat juga menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada ibu hamil. Kolin pada alpukat sangat tinggi yaitu 22 mg per 100 gram alpukat. Zat ini sangat baik untuk mendukung perkembangan otak dan syaraf janin.

Karena serat dalam alpukat dapat mencegah sembelit, disarankan untuk mengkonsumsi alpukat rutin, terutama pada trimester kedua. Anda dapat mengkonsumsi alpukat dengan keju atau susu.

4. Pisang

Buah pisang memiliki banyak kelebihan bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Rasanya yang manis dapat membantu mengurangi mual saat kehamilan dan memberikan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Terutama masalah pencernaan seperti diare dan kekurangan zat cair.

Kalium dalam pisang membantu menjaga kaki ibu hamil agar tidak bengkak, yang umumnya terjadi pada trimester ketiga. Vitamin B6 yang banyak terkandung dalam pisang juga sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah ibu hamil dan pengembangan neurotransmiter serta perkembangan syaraf pada bayi.

5. Ikan Salmon

Ilustrasi daging ikan salmon untuk wanita hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil lainnya yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil muda adalah ikan salmon. Ikan salmon membantu mengatasi kekurangan gizi pada ibu hamil dan menambah kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Konsumsi terbaik ikan salmon perlu ditambah pada saat kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. Karena ikan salmon menjadi sumber asam lemak omega 3 tak jenuh dan DHA yang sangat diperlukan untuk pembentukan kecerdasan dan fungsi otak bagi janin.

Bagi ibu hamil, ikan salmon juga dapat mencukupi kebutuhan kalium. Zat ini sangat penting untuk mengatasi masalah kesehatan jantung dan pembentukan jantung pada janin.

6. Telur

Sumber makanan yang paling mudah ditemukan dan dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan adalah telur. Apalagi telur diketahui mengandung 12 vitamin dan mineral yang mendukung pertumbuhan dan pembentukan otak janin. Lalu asam folatnya sangat berguna menghindarkan bayi dari cacat tabung syaraf.

Telur merupakan sumber protein untuk menjaga pertumbuhan janin dan sumber tenaga bagi ibu hamil. Namun untuk mencegah kolesterol bertambah tak terkendali, batasi mengkonsumsi kuning telur bagi ibu hamil.

Pastikan juga Anda tidak mengonsumsi telur setengah matang atau telur mentah. Karena bakteri cenderung masih aktif dalam telur setengah matang atau mentah. Sehingga berisiko buruk bagi janin yang dikandung.

7. Kedelai

Kedelai juga bisa menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Karena kedelai merupakan sumber zat besi dan asam folat yang baik untuk mencegah cacat pada bayi dan memproduksi sel-sel darah merah.

Asam fitrat yang terkandung dalam kedelai berfungsi sebagai penguat kandungan dan dapat mencegah penyerapan tubuh terhadap jenis logam seperti merkuri. Asam fitrat ini juga bermanfaat bagi ibu hamil, karena mampu menjadi penguat kandungan.

Kedelai, makanan yang sangat bergizi bagi ibu hamil, bisa didapat dari jenis makanan seperti susu kedelai, tahu atau tempe.

8. Kacang Hijau

Salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki protein tinggi dan mudah diperoleh adalah kacang hijau. Biasanya banyak diolah menjadi bubur atau kue. Kandungan protein nabati, kalsium, asam lemak tak jenuh, dan fosfor dalam kacang hijau memiliki banyak manfaat penting bagi ibu hamil.

Kalium mendukung kesehatan jantung pada ibu hamil dan janin. Pun menjadi sumber protein nabati membantu mengurangi rasa mual, terutama pada trimester pertama. Dengan mengkonsumsi kacang hijau setiap hari, terutama pada trimester pertama, dapat mengurangi risiko penyakit pernafasan pada bayi.

Penutup

Saat mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, pastikan Anda mengikuti pantangan yang ada demi terjaganya kesehatan Anda dan janin yang dikandung.

Penting juga, semua makanan yang dikonsumsi sudah dimasak lebih dulu. Karena memakan makanan mentah bisa berakibat janin cacat, kelahiran prematur, hingga kematian dalam rahim.

Sajian makanan mentah menimbulkan toksoplasma dan listeria bakteri, yaitu bakteri berbahaya. Hindari jenis ikan laut yang mengandung merkuri seperti makarel, tuna laut, dan ikan hiu. Merkuri dapat menyebabkan gangguan otak pada bayi, kelainan ginjal, dan sistem syaraf.

Artikel Terkait: