10 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

Setelah menikah, harapan utama yang dimiliki pasangan suami istri tentunya adalah memiliki buah hati. Ya, karena rumah tangga tanpa anak rasanya pasti kurang lengkap.

Tidak peduli seberapa banyak harta, memiliki keturunan tetap prioritas pertama. Tak heran, banyak orang yang beruapaya keras agar cepat mendapatkan momongan.

Jika Anda ingin segera punya anak, maka Anda juga harus memperhatikan pola makan sehari-hari. Memang sih hamil adalah ketentuan Tuhan. Tapi Anda tetap wajib berusaha!

Ilustrasi makanan untuk meningkatkan kesuburan

Mulailah dari memperbanyak konsumsi makanan peningkat kesuburan. Dengan begitu, kesempatan Anda untuk cepat hamil juga semakin besar. Berikut ini beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita yang bisa Anda coba.

1. Minyak Zaitun

Tahu nggak, ternyata minyak zaitun nggak cuma bagus untuk kulit, tapi juga bisa membantu meningkatkan kesuburuan.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health, kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun bagus untuk melindungi kesehatan organ reproduksi wanita.

Minyak zaitun juga bersifat antiinflamasi, kaya antioksidan, serta dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Ketiga hal tersebut baik untuk kesuburan wanita.

2. Telur

Anda penggemar telur? Atau jangan-jangan Anda tidak pernah makan telur karena takut gemuk? Hmm, ternyata telur juga termasuk makanan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita.

Menurut penelitian di Universitas Yale, Amerika Serikat, wanita rentan mengalami infertilitas karena kekurangan vitamin D. Nah, telur ini mengandung vitamin D cukup tinggi. Selain itu juga menyimpan zat karotenoid dan antioksidan yang berpengaruh besar terhadap kesuburan wanita.

Telur juga baik dikonsumsi wanita hamil. Sebab di dalamnya terkandung asam lemak omega-3 dan vitamin B12 yang bisa meminimalisasi risiko bayi lahir cacat.

Namun begitu, mengonsumsi telur juga tidak boleh berlebihan. Batas amannya sekitar 5 telur per minggu.

3. Brokoli

Ilustrasi wanita makan brokoli

Makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita berikutnya adalah brokoli. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility, wanita yang ingin hamil harus memperbanyak asupan vitamin C.

Nah, brokoli ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain baik untuk meningkatkan kesuburan, vitamin tersebut juga dapat mengurangi risiko keguguran.

Brokoli juga bagus dikonsumsi pria, sebab bisa menjaga kualitas sperma dan melindunginya dari kerusakan DNA.

Bagi wanita yang hami di usia 30 tahunan, disarankan mengonsumsi brokoli sebab sayuran ini kaya vitamin B dan mineral (seng, zat besi, dan kalsium) yang bisa menguatkan kandungan.

4. Susu Murni

Untuk para wanita, sebaiknya jangan pernah menghindari mengonsumsi susu. Minuman ini ternyata sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi.

Namun ingat, pilihlah susu murni yang kandungan nutrisinya masih utuh. Jangan mengonsumsi susu skim (bebas lemak) karena bisa memicu infertilitas.

Susu murni mengandung lemak dan kalsium tinggi yang bisa meningkatkan kesuburan. Cukup mengonsumsinya segelas dalam sehari sudah bisa memperbesar peluang kehamilan.

Anda juga bisa mengemil es krim, keju cottage, yogurt, atau produk olahan susu lainnya untuk memperoleh manfaat yang lebih optimal.

5. Jamur Tiram

Apakah Anda gemar mengonsumsi sate jamur tiram? Jika ya, bersyukurlah karena hobi Anda tersebut menguntungkan! Ya, jamur tiram juga menjadi makanan yang bisa meningkakan kesuburan wanita.

Jamur ini mengandung seng cukup tinggi. Mineral tersebut melancarkan siklus menstruasi, meningkatkan peluang hamil, dan meminimalisasi risiko keguguran.

Sedangkan pada pria, seng berguna untuk meningkatkan kadar sperma dan menjaga kualitas hormon testosteron.

6. Beras Merah

Ilustrasi beras merah

Makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita berikutnya adalah beras merah. Beras ini mengandung karbohidrat kompleks yang dapat merangsang proses ovulasi menjadi lebih teratur.

Dalam penelitian yang dilakukan di Harvard, di mana 18.000 perawat ikut berpartisipasi. Mereka dibagi menjadi 2 bagian, dan disuruh mengonsumsi beras putih dan beras merah selama 6 tahun lamanya.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi nasi putih 92% lebih mungkin mengalami risiko infertilitas dibandingkan mereka yang makan nasi merah.

Beras merah juga kaya asam folat, yang bagus untuk memproduksi ASI dan sel darah merah dalam tubuh. Serta mencegah risiko bayi lahir dengan cacat syaraf. Anda bisa mengonsumsi beras merah ini sekitar 3 kali dalam seminggu.

7. Kacang Hitam

Selanjutnya, Anda bisa mencoba mengonsumsi kacang hitam. Kacang ini mengandung protein nabati cukup tinggi, yang efeknya bagus untuk kesuburan wanita.

Berdasarkan studi yang dipaparkan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology, seseorang yang melakukan diet tinggi protein nabati itu bisa meningkatkan peluang dia untuk hamil.

Manfaat lain dari kacang hitam, yaitu kaya serat sehingga dapat mencegah masalah infertilitas. Seperti masalah imunologi dan sindrom ovarium polistik.

Kacang hitam juga mengandung mineral seperti zat besi, magnesium, mangan, dan folat yang berperan penting untuk wanita yang berencana hamil.

8. Ikan Salmon

Ikan salmon dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan kesuburan wanita. Itu dikarenakan kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Selain itu, ikan salmon juga kaya selenium. Mineral ini berperan sebagai zat antioksidan yang dapat melindungi sel telur dan sperma dari efek buruk radikal bebas.

Ikan salmon berkhasiat pula untuk mencegah kerusakan kromosom yang menjadi pemicu keguguran dan bayi lahir cacat.

Bila Anda sedang merencanakan progam hamil, cobalah memasukkan ikan salmon dalam menu diet Anda. Konsumsi setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

9. Alpukat

Berikutnya, makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita adalah alpukat. Buah ini bagus untuk organ reproduksi karena mengandung asam folat dan asam lemak omega-3 dengan kadar cukup tinggi.

Biasanya untuk orang yang menjalani perawatan in vitro fertilization (IVF), mereka disarankan mengonsumsi salad alpukat dan minyak zaitun setiap hari untuk peningkat kesuburan.

Nah, maka itu Anda jangan lupa menjadikan alpukat ini sebagai cemilan sehat harian. Alpukat tidak bikin gemuk kok! Sebaliknya malah menyehatakan tubuh.

10. Kacang Almond

Salah satu penyebab seseorang mengalami infertilitas yakni dikarenakan kurangnya asupan vitamin E. Nah, kacang almond ini kaya vitamin E. Apabila dikonsumsi maka dapat meningkatkan kualitas dan mencegah kerusakan DNA pada sel telur dan sperma.

Selain itu, kacang almond juga direkomendasikan untuk dikonsumsi wanita hamil. Kandungan nutrisi dalam almond dapat melindungi embrio serta memperkecil risiko terjadinya keguguran.

Anda bisa mencoba mengonsumsi kacang almond setiap hari dengan segelas susu murni sebagai cemilan sehat peningkat kesuburan.

Penutup

So, itulah beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita. Mudah sekali untuk mendapatkan makanan-makanan tersebut, bukan?

Oh ya, untuk mendapatkan hasil yang optimal, selain mengonsumsi makanan di atas, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat seperti perbanyak konsumsi air putih, tidur yang cukup, hindari stres berlebihan, dan berolahraga secara rutin.

Dan yang terpenting, jangan lupa untuk selalu berdoa agar cepat diberi momongan. Semoga berhasil ya!

Artikel Terkait: