10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Ada yang belum mengenal lidah buaya? Mungkin Anda hanya belum tahu bentuk lidah buaya seperti apa. Tapi pasti sering mendengar nama tumbuhan tersebut, bukan?

Padahal tumbuhan ini relatif mudah ditemukan. Kalau di perkotaan rasanya lebih banyak ditanam di dalam pot. Tapi di pedesaan, lidah buaya bisa tumbuh bebas di pekarangan rumah.

Tumbuhan ini memang sudah dikenal masyarakat karena punya banyak manfaat. Apalagi kandungan alami di dalam lidah buaya ini penuh dengan nutrisi dan vitamin.

Ilustrasi manfaat lidah buaya

Tak heran, lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat berbagai produk kecantikan. Lalu apa saja manfaat lidah buaya untuk kecantikan? Berikut 10 di antaranya.

1. Mencerahkan bibir

Bagi Anda yang ingin memiliki bibir cerah dan lembut cobalah gunakan lidah buaya sebagai bahan alami yang aman. Mengapa?

Karena lidah buaya akan mengangkat sel kulit mati dan memunculkan sel kulit baru yang lembut berkat kandungan nutrisi di dalamnya.

Ikuti cara berikut untuk mendapatkan bibir yang cerah dan lembut:

  • Belah lidah buaya segar dan ambil bagian dalamnya yang berbentuk seperti gel
  • Oleskan gel lidah buaya ini secara rutin ke bibir untuk mendapatkan bibir yang cerah dan lembut.

Bisa juga ditambahkan dengan perawatan mingguan berikut ini:

  • Siapkan 1 sendok makan tepung beras dan gel lidah buaya secukupnya
  • Campurkan kedua bahan ini hingga membentuk pasta
  • Oleskan campuran tersebut ke bibir secara merata lalu diamkan selama 5 menit
  • Bersihkan bibir dengan menggunakan air biasa
  • Lakukan perawatan ini seminggu sekali

2. Menjaga kelembapan kulit

Manfaat lidah buaya memang banyak dirasakan untuk kulit. Seperti bisa menjaga kelembapan kulit dengan baik dan alami. Selain menjaga kelembapan, lidah buaya juga meningkatkan elastisitas kulit.

Penggunaan lidah buaya secara teratur bisa membuat kulit lebih sehat, cerah, dan lembut. Selain itu, lidah buaya juga mampu mengembalikan pH Balance kulit ke kondisi normal.

Sebuah studi yang dirilis Skin Research dan Technology pada 2006 melaporkan lidah buaya kering yang dibekukan efektif mencegah kulit dari dehidrasi. Sehingga menjadi bahan perawatan utama untuk kulit kering.

Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk menjaga kelembapan kulit:

  • Belah daun lidah buaya dan keluarkan gelnya
  • Lakukan pemijatan wajah, leher, dan bagian tubuh lainnya dengan menggunakan gel lidah buaya tersebut
  • Lakukan cara ini setiap hari menjelang tidur

3. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Masker lidah buaya

Kita memang tidak bisa menghindari dari penuaan. Tanda-tanda penuaan itu akan mudah muncul terutama di bagian kulit wajah seperti lipatan, kerutan, dan kulit yang mulai mengendur. Namun, ada kalanya tanda-tanda penuaan tersebut sudah muncul sebelum waktunya.

Itulah mengapa Anda membutuhkan lidah buaya. Pasalnya, tumbuhan ini mampu menahan tanda-tanda penuaan ini berkat antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Lidah buaya mengandung vitamin A, B, C, dan E yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan kulit. Selain itu, lidah buaya juga diketahui mengandung polisakarida yang membantu proses regenerasi kulit.

Sebuah studi yang dilaporkan melalui Evidence Based Complementary dan Alternative Medicine pada 2013 menunjukkan bahwa lidah buaya segar mampu meningkatkan tingkat elastisitas dan kelembapan kulit.

Untuk mendapatkan kulit yang segar dan terlihat muda, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini:

  • Siapkan 1 sendok teh gel lidah buaya sega dan lembutkan
  • Siapkan 1 sendok teh oatmeal dan ½ sendok teh minyak zaitun
  • Campurkan semua bahan tersebut dalam satu wadah
  • Balurkan campuran tersebut ke area wajah dan leher membentuk semacam masker lalu biarkan selama 30 menit
  • Kemudian gosok dan pijat campuran bahan tersebut dengan menggunakan tangan basah atau sendok plastik
  • Bersihkan dengan menggunakan air dingin
  • Gunakan masker lidah buaya ini setidaknya seminggu sekali

4. Mengurangi stretch marks

Stretch marks menjadi sebuah hal yang sangat ditakuti para wanita. Terutama bagi mereka yang baru melahirkan atau tengah menjalani proses diet mengurangi berat badannya.

Harus diakui, menghilangkan stretch marks secara total tidaklah mudah. Tapi Anda setidaknya bisa mengurangi tingkat penampakan stretch marks ini dengan menggunakan lidah buaya.

Manfaat lidah buaya memang salah satunya adalah untuk mengurangi stretch marks. Dapat juga memperbaiki kerusakan pada kulit sekaligus mengembalikan elastisitasnya.

Cara mengurangi stretch marks dengan menggunakan lidah buaya:

  • Campurkan lidah buaya dan air mawar dengan takaran yang sama
  • Oleskan pada kulit yang memiliki stretch marks dan pijat dengan lembut dengan membentuk pola lingkaran selama beberapa menit
  • Biarkan campuran tersebut selama 15-20 menit
  • Bersihkan dengan air bersih
  • Lakukan cara ini dua kali sehari, saat baru bangun dan menjelang tidur

5. Mencegah jerawat balik lagi

Lidah buaya pada dasarnya merupakan bahan alami yang mengandung zat antibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab munculnya jerawat. Sekaligus menstimulasi munculnya sel-sel kulit baru yang lebih segar dan sehat, dan punya zat yang membantu mengatasi peradangan kulit.

Berdasarkan hasil riset yang dipublikasikan the Journal of Dermatological Treatment pada 2014 lalu, ditemukan bahwa lidah buaya sangat efektif untuk mengatasi masalah yang diakibatkan oleh jerawat.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah jerawat kembali muncul dengan menggunakan lidah buaya:

a) Cara pertama

Oleskan gel lidah buaya segar pada wajah yang kerap muncul jerawat. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

b) Cara kedua

Bekukan gel lidah buaya segar. Kemudian tempelkan gel beku ini di area yang berjerawat. Lakukan setidaknya 2-3 kali sehari.

c) Cara ketiga

Campurkan 1 sendok teh lidah buaya dengan ½ sendok teh campuran madu dan perasan lemon. Oleskan campuran ini ke area berjerawat.

Biarkan selama 15 menit baru dibilas dengan air bersih. Terapkan cara ini 2 kali sehari.

6. Pembersih makeup alami

Membersihkan makeup dengan lidah buaya

Membiarkan wajah masih penuh lapisan makeup saat tidur malam hanya akan mengundang banyak kotoran menempel di wajah dan memicu jerawat. Saat ini memang sudah banyak tersedia cairan pembersih makeup yang dijual di minimarket hingga warung di dekat rumah.

Tapi, cairan pembersih makeup tersebut umumnya dibuat dengan menggunakan bahan kimia. Bukan mustahil justru akan memicu iritasi ketika Anda gunakan.

Nah, salah satu pembersih makeup alami yang aman bagi kulit wajah Anda adalah lidah buaya. Bahan alami yang terkandung di dalam gel lidah buaya ini mampu mengambil semua residu yang ditinggalkan bahan pembuat makeup.

Sehingga wajah Anda bisa kembali bersih. Bahkan kulit wajah Anda pun bisa terlihat lebih cerah ketika sering menggunakan lidah buaya sebagai pembersih makeup.

Untuk membersihkan makeup dengan menggunakan lidah buaya sangat mudah, berikut  cara-caranya:

  • Letakkan sedikit gel lidah buaya murni ke atas kapas bulat
  • Oleskan kapas tersebut ke seluruh wajah
  • Bilas dengan air bersih, keringkan, dan Anda bisa tambahkan pelembap alami lainnya

7. Menyembuhkan noda dan bekas gigitan serangga

Lidah buaya dikenal mempunyai kandungan zat antiseptik dan antiradang. Kedua kandungan tersebut bisa bermanfaat untuk mengatasi luka kecil, goresan, noda, atau bahkan bekas gigitan serangga pada kulit.

Sebuah studi yang dirilis Burns pada 2007 menemukan bahwa lidah buaya cukup efektif untuk mengurangi dampak akibat luka bakar. Dari mulai luka bakar tingkat pertama hingga tingkat dua.

Bahkan hasil studi yang dilakukan pada 2016 di Annals of Plastic Surgery menunjukkan bahwa pengaplikasian lidah buaya mampu meningkatkan biokimia, morfologi, dan biomekanik dari luka di kulit.

Nah, jika Anda hendak menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka bakar ringan dan gigitan serangga, berikut ini caranya:

  • Potong lidah buaya segar dan ambil gel bagian dalamnya
  • Simpan gel lidah buaya tersebut dalam kulkas antara 10-15 menit
  • Oleskan di area yang luka atau bekas gigitan serangga
  • Lakukan cara ini 2-3 kali sehari

8. Mengobati kulit akibat sengatan matahari

Ilustrasi terkena sengatan matahari

Bagi Anda yang kerap berada di luar ruangan, terutama di siang hari, memproteksi kulit dengan sunblock sudah menjadi keharusan. Tapi bagaimana jika Anda lupa atau tidak sempat menggunakan sunblock? Pasti kulit akan memerah akibat terkena sengatan matahari.

Jika Anda terlanjur membiarkan kulit terkena sengatan matahari tanpa terlindungi, tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan untuk mengobati kulit yang terkena sengatan matahari.

Kandungan zat antiradang yang ada di dalam lidah buaya inilah yang bisa menjadi obat mengatasi kulit yang tersengat sinar matahari.

Ada dua cara untuk mendapatkan manfaat lidah buaya sebagai bahan alami mengatasi kulit yang tersengat matahari.

Cara pertama:

langsung oleskan ekstrak gel lidah buaya pada area yang harus mendapat perawatan. Biarkan gel tersebut mengering dengan sendirinya dan tidak perlu dibilas. Gel ini akan serap oleh kulit.

Cara kedua:

Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dengan perasan ½ buah lemon. Oleskan campuran ini di bagian kulit yang terkena matahari.

Lakukan pijatan ringan dengan bentuk putaran. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

9. Meningkatkan kesuburan rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, lidah buaya juga bisa diaplikasikan pada rambut Anda. Jadi, tidak perlu heran jika Anda sering mendengar dan melihat shampoo lidah buaya dari sejumlah merek yang beredar di Indonesia.

Pasalnya, lidah buaya punya manfaat besar bagi pertumbuhan rambut. Tumbuhan ini juga membantu membuang sel-sel kulit mati dari kulit kepala dan mencegah timbulnya ketombe. Tak hanya itu, lidah buaya bisa menjaga kondisi pH Balance dari kulit kepala agar rambut tumbuh lebih sehat dan subur.

Sebuah riset yang dirilis di Journal of Chemical and Pharmaceutical Research pada 2010 melaporkan bahwa enzim yang terkandung dalam lidah buaya juga bisa mencegah kerontokan rambut. Termasuk mengurangi ketombe di kulit kepala.

Jika Anda tertarik menggunakan lidah buaya untuk menyehatkan rambut Anda, ikuti tahapan berikut:

  • Campurkan gel lidah buaya dengan minyak jarak dengan perbandingan 2:1
  • Oleskan di kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan
  • Biarkan selama semalam
  • Esok paginya, Anda bisa lanjutkan dengan keramas memakai shampoo biasa
  • Lakukan cara ini 2 kali seminggu

10. Merawat kaki yang pecah-pecah

Para wanita pasti langsung berkurang percaya dirinya ketika mengetahui kakinya mengalami pecah-pecah. Karena itu, Anda pun bisa memercayakan kepada lidah buaya untuk mengembalikan kondisi kaki seperti semula.

Lidah buaya mengandung zat pelembap dan antibakteri yang cocok dijadikan obat untuk mengatasi kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Tumbuhan ini dapat juga membuang sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sel kulit baru.

Lalukan cara-cara berikut ini 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan kulit kaki yang mulus dan halus:

  • Campurkan 4 sendok makan gel lidah buaya, ½ cangkir oatmeal, dan ½ cangkir tepung
  • Aduk campuran ini hingga menjadi semacam pasta
  • Oleskan pasta ini ke bagian kaki yang kering dan pecah-pecah sambil dilakukan pemijatan ringan
  • Biarkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air hangat

Penutup

Demikianlah sejumlah manfaat lidah buaya yang bisa Anda terapkan untuk mengembalikan kecantikan alami diri Anda. Semuanya sangat lengkap, dari mulai ujung kaki hingga ujung kepala bisa dirawat dan dijaga dengan menggunakan lidah buaya.

Selain alami, Anda pun tidak butuh biaya besar untuk mendapatkan lidah buaya ini. Sudah siap dengan perawatan kecantikan yang alami dengan lidah buaya?

Artikel Terkait: