20 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Anda sudah rutin mengonsumi teh hijau? Jika belum, mungkin hari ini merupakan saat yang tepat bagi Anda memulai minum teh hijau secara rutin.

Pasalnya, teh hijau mengandung antioksidan, antiperadangan, dan sejumlah zat positif lainnya yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Cukup dengan beberapa gelas teh hijau sehari Anda bisa merasakan manfaat yang luar biasa dari teh tersebut. Lalu apa saja manfaat teh hijau?

Ilustrasi manfaat teh hijau

Di artikel ini kami akan memparkannya. Terutama manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mari kita mulai.

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

1. Menguatkan tulang

Teh hijau diketahui mengandung zat mineral fluor. Zat ini dibutuhkan untuk menguatkan tulang. Sehingga dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin maka Anda akan mengurangi risiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Selain itu, kandungan antioksidan dan antiperadangan yang dimiliki teh hijau juga mampu meningkatkan kepadatan tulang.

Dengan tulang yang padat, Anda akan punya tubuh yang lebih kokoh dan kuat yang mampu menghindari dari kemungkinan patah tulang ketika terjatuh. Minum 1 cangkir teh hijau di pagi hari sebelum memulai aktivitas yang padat dapat mendukung kesehatan tubuh Anda.

2. Mengurangi risiko terkena kanker

Manfaat teh hijau berikutnya adalah bisa mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker. Seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker pankreas, kanker kandung kemih, kanker paru-paru, dan kanker usus.

Hal ini disebabkan oleh kandung antioksidan di dalam teh hijau yang 100 kali lebih efektif dibanding vitamin C dan 24 kali lebih baik dari vitamin E. Zat antioksidan ini mampu menahan perkembangan sel-sel negatif yang kemudian berkembang menjadi sel kanker.

Sebuah studi analisis memperlihatkan data bahwa mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat mengurangi risiko terkena kanker:

  • 22 % lebih rendah pada kanker payudara
  • 48 % lebih rendah pada kanker prostat
  • 57 % lebih rendah pada kanker kolorektal

Minumlah setidaknya 4 cangkir teh hijau setiap hari, sehingga Anda bisa terhindar dari risiko terkena kanker.

3. Menurunkan tekanan darah

Ilustrasi mengukur tensi darah

Bagi Anda yang diketahui punya tekanan darah tinggi, rutin mengonsumsi teh hijau adalah pengobatan alami yang harus dilakukan. Teh hijau mampu menekan perkembangan angiotensi yang kerap memicu tekanan darah tinggi.

Hasil penelitian yang diterbitkan Archives of Internal Medicine memberikan informasi menarik.

Orang-orang yang mengonsumsi 1,5 hingga 2,5 gelas teh hijau secara rutin setidaknya dalam satu tahun telah mengurangi risiko mengalami tekanan darah tinggi hingga 46 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

4. Melawan radikal bebas yang memicu penuaan kulit

Menjadi tua memang tidak dapat dilawan, namun menunda penuaan kulit yang dipicu oleh racun radikal bebas masih dapat Anda lakukan. Penuaan kulit bukan hanya karena faktor usia, saat ini penuaan kulit banyak disebabkan oleh polusi, paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik, bahkan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau memang memiliki sejuta manfaat. Salah satu manfaat teh hijau berkat kandungan antioksidan ini adalah mampu menangkal radikal bebas.

Zat yang juga dikenal dengan nama polifenols ini juga efektif untuk melawan penuaan pada kulit. Selain itu, kandungan oligomeric proanthocyanidins yang tinggi juga memberi tambahan kekuatan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

Jadi, jangan heran jika Anda akan selalu menemukan teh hijau dalam racikan obat kecantikan ataupun minuman kesehatan di setiap tempat-tempat perawatan kulit dan kecantikan.

Para wanita saat ini juga lebih memilih menggunakan perawatan alami yang tidak menimbulkan efek samping. Dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia yang belum tentu cocok dengan kondisi kulit mereka.

5. Mengurangi kerontokan rambut

Ilustrasi rambut rontok

Masih terkait dengan antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau. Zat polifenol ini merupakan benteng utama dalam mengurangi kerontokan rambut. Karena polifenol mampu menahan DHT yang menjadi penyebab utama rambut rontok.

Tak hanya menahan penyebab rambut rontok, teh hijau juga punya zat yang bisa membantu pertumbuhan rambut. Zat bernama epigallocatechin gallate (EGCG) ini membantu menstimulasi sel-sel rambut di dalam kulit kepala untuk tumbuh lebih cepat.

Coba rutin minum beberapa cangkir teh hijau dan rasakan manfaatnya dalam mengatasi kerontokan  rambut. Mengurangi kerontokan rambut, rambut patah dan membantu pertumbuhan rambut baru.

6. Mempertahankan berat tubuh ideal

Sejumlah studi yang pernah dilakukan membuktikan bahwa meminum teh hijau secara rutin mampu mengurangi lemak tubuh. Terutama di bagian perut.

Teh hijau juga bisa mengurangi persentase lemak tubuh sehingga Anda bisa mempertahankan berat tubuh yang ideal. Zat catechins dalam teh hijau membantu membentuk panas tubuh untuk membakar kelebihan kalori dalam tubuh. Sedangkan polifenol membantu oksidasi kadar lemak saat tubuh merubah makanan menjadi kalori.

Manfaat teh hijau dalam mempertahankan berat tubuh ideal bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsinya. Apalagi sejumlah riset menunjukkan bahwa kombinasi yang tepat antara kafein dengan zat-zat di dalam teh hijau bisa:

  • meningkatkan metabolisme
  • membakar kalori
  • mengurangi lemak

7. Meningkatkan kesehatan gigi

Ilustrasi kesehatan gigi

Mengonsumsi teh hijau setiap hari dipercaya mampu meningkatkan kesehatan gigi, dan mengurangi risiko mengalami gigi berlubang. Karena teh hijau memang mengandung fluor, polifenol, dan catechins yang efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut, gigi berlubang, dan masalah gusi.

Hasil studi yang dipublikasikan melalui European Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa mengonsumsi satu gelas atau lebih teh hijau setiap hari bisa mengurangi gigi tanggal secara signifikan.

Saat ini pun banyak produk pasta gigi yang menggunakan teh hijau sebagai salah satu kandungannya. Namun demikian, khasiat dari teh hijau ini akan hilang jika Anda menambahkan gula, madu, atau pemanis lainnya dalam minuman Anda.

8. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah

Teh hijau juga cukup efektif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Sehingga rasio HDL lebih tinggi dibanding LDL.

Teh hijau mampu membuat saluran arteri darah bersih, tidak menghambat peredaran darah, dengan menghalangi proses oksidasi dari LDL.

Perlu diketahui, LDL yang sudah teroksidasi ini bisa memunculkan plak di saluran arteri. Inilah yang kemudian memicu serangan jantung dan stroke.

Semua masalah terkait kolesterol itu bisa dihilangkan dengan minum teh hijau secara rutin dan diikuti dengan menjaga makanan nonkolesterol.

9. Menurunkan kadar gula darah

Ilustrasi kadar gula darah

Manfaat teh hijau juga bisa dirasakan oleh Anda yang punya kadar gula darah tinggi. Kandungan polifenol dan polisakarida di dalam teh hijau ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Hal ini karena teh hijau mampu menstimulasi produksi insulin di dalam pankreas sehingga menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Dengan kata lain, teh hijau membantu menyerap glukosa pada penderita diabetes type 1.

Bagi penderita diabetes type 2, teh hijau akan mengurangi lonjakan gula darah yang sering mengakibatkan komplikasi di mata, jantung, dan ginjal. Ini menunjukkan bahwa teh hijau adalah salah satu bahan alami terbaik bagi para penderita diabetes.

10. Meningkatkan kesehatan otak

Mungkin manfaat yang satu ini jarang Anda ketahui. Satu hal yang pasti, otak yang sehat membutuhkan aliran darah yang lancar dan mencukupi agar dapat berfungsi dengan baik. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss, mereka yang minum teh hijau secara rutin punya ingatan yang lebih kuat.

Selain itu, teh hijau juga mampu menangkal plak atau kandungan negatif yang bisa memicu munculnya penyakit Alzheimer dan Parkinson. Ini adalah kepikunan dan kehilangan kemampuan kontrol fungsi motorik.

Hal ini bisa terjadi karena teh hijau punya kandungan catechin, yaitu zat yang membantu membangun sistem pertahanan pada neuron terutama pada otak. Catechin bisa melindungi sel-sel syaraf dari gangguan atau kerusakan.

Teh hijau mengandung kafein yang lebih sedikit dari kopi, lebih aman untuk kesehatan. Kandungan kafein ini akan membantu meningkatkan kemampuan kerja neurotransmitter menjadikan kemampuan memori dan refleks otak lebih baik.

Untuk meningkatkan daya ingat dan menangkal penyakit, cukup minum 1-2 cangkir teh hijau setiap hari.

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan

11. Mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di mata

Manfaat teh hijau untuk kecantikan yang pertama adalah mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di mata. Teh hijau mampu mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata sehingga mengurangi pembengkakan. Sementara vitamin K yang terkandung di dalam teh hijau membuat daerah sekitar mata lebih cerah.

Ilustrasi mata bengkak

Berikut ini cara memanfaatkan teh hijau demi mata yang lebih cerah:

  • Simpan 2 kantong teh hijau yang sudah dipakai di dalam kulkas selama 30 menit
  • Letakkan kantung teh hijau dingin ini di area mata
  • Rebahkan dan rilekskan diri Anda selama 15 menit
  • Gunakan cara ini 2 kali sehari hingga pembengkakan di mata sudah menghilang

12. Meningkatkan kesehatan kulit

Teh hijau dikenal sebagai salah satu bahan alami yang mampu menyehatkan kulit. Menghilangkan noda dan bekas luka, juga mengurang peradangan pada kulit. Termasuk mengurangi keriput, garis-garis halus pada wajah, dan meningkatkan elastisitas kulit Anda.

Sebuah studi yang dilakukan Medical College of Georgia pada 2003 menunjukkan bahwa teh hijau mampu meremajakan kulit dengan baik. Termasuk menjadi bahan untuk merawat kulit dari luka dan penyakit.

Terapkan cara-cara di bawah ini untuk mendapatkan kulit yang sehat:

  • Potong 2 kantung teh hijau bekas pakai dan keluarkan isinya
  • Tambahkan 1-2 sendok teh madu murni
  • Campurkan sedikit perasan lemon
  • Oleskan ke wajah dan biarkan selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan air hangat
  • Lakukan cara ini 1-2 kali seminggu.

13. Mengatasi jerawat dan bisul

Jerawat dan bisul adalah sesuatu yang kecil bentuknya tapi besar masalahnya. Karena jerawat bisa membuat Anda kehilangan percaya diri. Semuanya bisa diatasi dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Kandungan cetechins  dalam teh hijau adalah sebagai antibakteri yang melawan bakteri penyebab jerawat. Juga membantu menyeimbangkan kadar hormonal dalam tubuh sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau dalam mengatasi jerawat dan bisul, caranya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan ¼ cangkir teh hijau segar dengan air
  • Ambil kapas dan celupkan dalam campuran tersebut untuk kemudian diloleskan ke area yang berjerawat
  • Biarkan sekitar 10-15 menit lalu bersihkan dengan air
  • Lakukan cara ini setiap hari sampai wajah Anda bersih dari jerawat

14. Melawan tanda-tanda penuaan

Ilustrasi tanda penuaan

Teh hijau memiliki zat anti penuaan dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Seperti kerusakan kulit, kulit terbakar akibat paparan sinar matahari, noda menghitam, kerutan, dan kulit yang mengendur.

Teh hijau juga mampu menetralisir radikal-radikal bebas yang berbahaya bagi kulit dan mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit:

  • Campurkan 3 sendok makan yogurt tawar, 1 sendok makan daun teh hijau yang telah dihaluskan, dan bubuk kunyit secukupnya
  • Aduk hingga tercampur rata membentuk pasta
  • Balurkan pada wajah dan leher, lalu biarkan selama 20 menit
  • Bilas dengan menggunakan air hangat
  • Gunakan masker ini setidaknya 1-2 kali dalam seminggu

Cara lainnya untuk membuat masker ini adalah:

  • Campurkan 1 sendok makan bubuk teh hijau dengan beberapa tetes air
  • Jika jenis kulit Anda kering, tambahkan 1 sendok teh bubuk teh hijau, ½ sendok teh ekstrak VCO (minyak kelapa murni), dan ½ sendok teh air hangat
  • Aduk hingga membentuk pasta
  • Usapkan pada wajah dan diamkan sampai mengering
  • Bilas dengan menggunakan air hangat
  • Gunakan beberapa kali dalam seminggu.

15. Meningkatkan kesuburan rambut

Bagi Anda yang mulai mengalami masalah kesuburan rambut, teh hijau bisa menjadi solusinya. Manfaat teh hijau untuk hal ini diawali dengan menahan perkembangan hormon DHT (Dihydrotestosterone) yang memang menjadi penyebab utama kerontokan rambut.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membantu menahan perkembangan hormon ini. Tak hanya itu, teh hijau juga menutrisi rambut sehingga mengurangi kebotakan akibat rambut rontok serta masalah rambut patah.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of the National Medical Association pada 2005 menyatakan bahwa kandungan polifenol pada teh hijau mampu mengurangi kerontokan rambut.

Teh hijau juga membantu pertumbuhan rambut baru, serta mengatasi masalah kulit kepala yang kering dan ketombe

Cara menerapkannya mudah saja yaitu:

  • Setelah keramas, lanjutkan menyiram rambut dengan air rebusan teh hijau yang masih baru
  • Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa
  • Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu selama beberapa bulan

Anda juga bisa rutin meminum 2-3 gelas teh hijau setiap hari untuk mendapatkan rambut yang sehat, indah, dan lebat.

16. Sebagai pencerah kulit

Ilustrasi kulit kinclong

Teh hijau juga bisa digunakan sebagai pencerah kulit alami. Membantu mengurangi kerutan, mencegah munculnya garis halus, mencerahkan kulit wajah kusam, dan mengecilkan pori-pori.

Sehingga akan menghasilkan kulit wajah yang lebih kinclong, sehat, dan bercahaya. Termasuk juga yang paling utama manfaat teh hijau ini adalah membuat kulit tetap terjaga kelembapannya.

Cara menerapkannya adalah sebagai berikut:

  • Celupkan 2 kantong teh hijau dalam gelas air panas dan biarkan dingin
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial sesuai selera
  • Masukkan campuran ini ke dalam botol spray yang bersih
  • Anda bisa menyemprotkannya langsung ke wajah atau menyemprotkannya ke kapas terlebih dahulu untuk kemudian oleskan pada wajah

Karena sifatnya yang alami, campuran teh hijau ini aman untuk diterapkan pada kulit yang bermasalah. Seperti psoriasis (peradangan pada kulit seperti bersisik tebal) dan rosacea (kondisi kulit luka, kadang bernanah dan kemerahan seperti terbakar).

17. Membuat rambut lebih bercahaya

Tak hanya mampu menyuburkan dan menguatkan rambut, teh hijau juga bisa membuat “mahkota” Anda lebih bercahaya. Plus, melindungi rambut dari kerusakan akibat polusi dan produk-produk yang tidak ramah dengan rambut seperti hairspray atau hairgel.

Kandungan vitamin C dan E yang tinggi di dalam teh hijau juga membantu rambut terhindar dari kekeringan dan menjaga kelembapan rambut serta kulit kepala.

Lakukan cara-cara berikut ini untuk mendapatkan kilau rambut yang sehat:

  • Larutkan 2-3 kantung teh hijau dalam sebuah wadah berisi 4 gelas air panas selama 1 jam
  • Ambil kantung teh hijau dan biarkan larutan sampai agak dingin
  • Bilas rambut dengan larutan air teh hijau dan biarkan selama 10 menit
  • Lanjutkan dengan mencuci rambut dengan air dingin untuk mempertahankan kilaunya
  • Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

18. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Sinar ultra violet (UV) adalah sesuatu yang bisa memberikan dampak buruk bagi kulit. Karena itulah Anda butuh teh hijau untuk melindungi kulit dari akibat buruk sinar UV.

Kandungan asam tanik, theobromine, dan polifenol di dalam teh hijau bisa menyembuhkan kulit yang sudah terlanjur rusak akibat terpapar sinar matahari.

Anda bisa mendapatkan manfaat teh hijau dengan melakukan cara-cara berikut ini:

  • Buatlah 2-3 gelas teh hijau dan simpan di kulkas untuk beberapa menit
  • Celupkan kain lembut ke dalam air teh hijau dan tempelkan pada kulit yang terpapar sinar matahari
  • Ulangi cara ini 2-3 jali sehari sampai rasa sakit dan perih di kulit sudah menghilang

19. Membantu proses pengelupasan kulit mati

Ilustrasi masker teh hijau

Exfoliation atau pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub merupakan kunci dari rutinitas perawatan kulit yang baik dan memiliki banyak manfaat.

Banyak orang yang tidak memandang penting soal pengelupasan sel kulit mati ini. Padahal sel-sel kulit baru bisa tumbuh dengan optimal jika sel-sel kulit mati tersebut sudah bersih.

Jadi membersihkan sel kulit mati menjadi rutinitas yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang lebih segar dan sehat.

Nah, teh hijau akan membantu Anda untuk membersihkan sel kulit mati yang tersisa. Caranya sebagai berikut:

  • Campurkan 2 sendok makan daun teh hijau kering, 1 gelas gula, ½ gelas ekstrak minyak zaitun, dan 2 sendok makan madu murni
  • Balurkan campuran ini ke wajah dan tubuh laiknya luluran sambil dipijat perlahan
  • Bersihkan wajah dan tubuh Anda dengan air hangat
  • Lakukan cara ini 1-2 kali seminggu.

Anda juga bisa mencoba cara berikut ini sebagai alternatif:

  • Celupkan 1 kantung teh hijau dalam 1/3 air panas di dalam gelas, biarkan sampai dingin
  • Ambil 1 sendok makan air teh hijau ini dan masukkan ke dalam mangkok yang sudah berisi 2 sendok makan gula
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga menyatu
  • Jika dirasa kurang kental, Anda bisa menambahkan gula sedikit demi sedikit
  • Gunakan campuran ini sebagai scrub untuk membantu melepaskan sel kulit mati dari wajah dan tubuh Anda
  • Lakukan cara ini 1 sampai 2 kali seminggu.

20. Mengecilkan lubang pori-pori

Lubang pori-pori yang terlalu besar akan memudahkan Anda mengalami masalah di wajah seperti komedo dan jerawat. Nah, kandungan antioksidan di dalam teh hijau ini bisa membantu mengecilkan lubang pori-pori. Dengan demikian Anda bisa memiliki kulit wajah yang halus dan kencang.

Untuk menggunakan teh hijau dalam mengecilkan pori-pori, caranya seperti berikut ini:

  • Buatlah segelas air teh hijau dengan menggunakan air panas dan biarkan lebih dingin
  • Campurkan beberapa sendok makan dari air teh hijau ini dalam 2 sendok makan adonan kosmetik sehingga membentuk pasta
  • Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan hingga benar-benar mengering
  • Lepas secara perlahan masker ini
  • Bilas dengan air hangat

Anda juga bisa meminum beberapa gelas teh hijau setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal sekaligus membuang racun di dalam tubuh.

Penutup

Tak diragukan lagi, manfaat teh hijau ini memang sangat banyak. Terutama yang berkaitan langsung dengan kesehatan tubuh dan kecantikan para wanita.

Apalagi teh hijau merupakan bahan alami yang nyaris tanpa efek samping. Karena itu, mulailah rutin mengonsumsi teh hijau sejak hari ini. Dan rasakan manfaat besar yang diberikan dalam beberapa waktu ke depan.

Artikel Terkait: